Brigjen Krishna Murti Akhirnya Naik Pangkat Jadi Jenderal Bintang Dua

Thehok.id – Brigadir Jenderal (Brigjen) Krishna Murti akhirnya naik pangkat ke jenderal bintang dua.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu menyamai pangkat Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Krishna Murthi sebagai Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Mabes Polri. Kepastian ini berdasarkan Surat Telegram (TR) nomor 2224/X/KEP./2022 tertanggal 14 Oktober 2022.

Sebagaimana diketahui, Krishna Murthi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional (Karomisinter Divhubinter) sejak 2017. Dengan jabatan kepala biro di sebuah Divisi di Mabes Polri, pangkatnya adalah Brigadir Jenderal. Artinya dia sudah 5 tahun menunggu naik jabatan untuk dapat promosi ke jenderal bintang tua.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan pengangkatan Krishna Murthi menjadi Kadiv Hubinter Polri. Kata dia, mutasi dan promosi sebagai hal biasa dalam institusi Polri.

“Penggantian para Kapolda yang pensiun, dan promosi lainnya guna meningkatkan kinerja organisasi,” kata Dedi.

Karier Krishna Murti memang sempat tersendat. Bahkan disalip oleh banyak juniornya. Krishna Murthi merupakan lulusan Akpol tahun 1991. Dia disalip Ferdy Sambo yang Akpol 1994, maupun Teddy Minahasa yang merupakan lulusan Akpol 1993.

Salah satu peristiwa yang membuat karier Krishna Murti sempat tersendat adalah ketika pada 2016 dia tersandung kasus dugaan penganiayaan terhadap teman perempuannya. Bahkan beredar video terkait kasus ini.

Akibatnya, Krishna Murti yang pada waktu itu menjabat Wakapolda Lampung langsung dicopot Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dia ditarik ke Mabes Polri. “Masih beruntung”, dia diberikan jabatan sebagai Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri. Pangkatnya kala itu masih Kombes.

Waktu itu Krishna Murti mendapat “ampunan” dari Tito Karnavian. Hubungan Tito Karnavian dan Krishna Murti juga sudah terbina cukup lama, salah satunya ketika sama-sama bertugas di Polda Metro Jaya.

Untuk diketahui, Tito Karnavian pernah menjadi Kapolda Metro Jaya (2015-2016), sedangkan Krishna Murthi sebagai Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2015-2016).

Beberapa juniornya yang pernah menyalip Krishna Murti adalah Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa. Ferdy Sambo adalah Akpol 1994, dan pernah menjadi bawahan Krishna Murthi saat di Polda Metro Jaya.

Namun, Ferdy Sambo menjadi Kadiv Propam Polri pada 2020 dan naik jadi jenderal bintang dua, sebelum akhirnya dipecat karena kasus pembunuhan ajudannya, Brigadir Joshua.

Sedangkan Teddy Minahasa adalah Akpol 1993, dan sempat menjadi Kapolda Sumatera Barat. Teddy sempat ditunjuk jadi Kapolda Jatim, beberapa hari lalu, namun dia tersandung kasus narkoba sehingga saat ini ditahan.

Melalui instagram pribadinya, Krishna Murti mengucapkan syukur atas jabatan baru yang diberikan atasannya sebagai Kadiv Hubinter Polri.

“Alhamdulillah. Semua karena kuasa Allah SWT. #kmupdates,” tulis Krishna Murti lewat Instagram @krishnamurti_bd91. (red)

Sumber : merangin.jambiseru.com

Komentar