Berbagai Jenis Nasi yang Ada di Indonesia

Thehok.id – Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Ternyata, ada berbagai jenis nasi yang dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa macam-macam jenis nasi yang ada di Indonesia:

1. Nasi Putih
Nasi putih adalah jenis nasi paling umum yang dicari. Nasi ini memiliki rasa netral dan bisa dikonsumsi bersamaan dengan berbagai jenis hidangan.

2. Nasi Kuning
Nasi Kuning adalah makanan sehari-hari yang biasanya disajikan untuk acara tertentu. Nasi ini diberi warna kuning melalui bumbu kunyit dan memiliki rasa yang gurih.

3. Nasi Goreng
Nasi goreng adalah nasi yang digoreng dengan bumbu dan bahan makanan lainnya, seperti daging, sayuran, atau telur. Nasi goreng memiliki rasa yang kaya dan menjadi hidangan populer.

4. Nasi Uduk
Nasi uduk dibuat dengan cara mengukus dengan bumbu rempah dan santan. Biasanya disajikan dengan ikan asin atau ayam goreng bagi yang suka.

5. Nasi Padang
Nasi padaang adalah nasi yang berasal dari Sumatra Barat yang disajikan dengan aneka hidangan khas Padang, seperti rendang, gulai sapi, dendeng balado, dan lainnya.

6. Nasi Liwet
Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan bahan-bahan seperti santan, serai, daun pandan, dan rempah-rempah. Nasi ini umumnya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam, telur, atau ikan.

7. Nasi Kebuli
Nasi Kebuli adalah masakan nasi yang asli dari Timur Tengah. Biasanya disajikan dengan kismis, kacang almond, dan daging kambing yang empuk.

8. Nasi Lemak
Nasi lemak berasal dari Malaysia dan Singapore. Nasi lemak biasanya disajikan dengan telur goreng, ayam goreng, dan sambal.

9. Nasi Jagung
Nasi jagung adalah jenis nasi yang terbuat dari jagung yang dikeringkan dan kemudian dihaluskan. Biasanya disajikan dengan hidangan yang kaya rempah dan daging sapi atau ayam.

10. Nasi Tomat
Nasi tomat dibuat dengan menambahkan pasta tomat pada nasi putih. Biasanya disajikan dengan hidangan seperti ayam goreng dan acar timun.

Itulah beberapa macam-macam jenis nasi yang ada di Indonesia.

Semua jenis nasi tersebut dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pribadi. (*)

Komentar