Waspada Cuaca Ekstrim Jelang Tahun Baru, BMKG : Harus Siaga

Thehok.id – Jelang tahun baru 2023, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap adanya potensi cuaca ekstrem di 9 wilayah di Indonesia selama periode tanggal 27 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengemukakan beberapa wilayah di Indonesia yang berpotensi terdampak cuaca ekstrem selama periode Natal dan Tahun Baru 2023.

“Mulai hari ini hingga 2 Januari 2023 kondisi dinamika atmosfer atau fenomena di sekitar Indonesia masih berpotensi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah,” ujar Dwikorita.

Dijelaskan, beberapa wilayah tersebut meliputi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, Jawa Timur, NTT, dan NTB.

“Perlu diwaspadai potensi hujan lebat hingga saat lebat di beberapa wilayah itu,” kata Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan potensi cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia imbas kondisi dinamika atmosfer.

Hal ini dilatarbelakangi meningkatnya intensitas Monsun Asia dengan potensi disertai adanya seruakan dingin dan fenomena aliran lintas ekuator.

Fenomena tersebut kemudian meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan.

Dwikorita menambahkan, berdasarkan hasil pantauan BMKG, turut terjadi indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia.

Akibatnya, hal ini dapat memicu pola pumpunan dan perlambatan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan ekuator.

Pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia tersebut berdampak pada peningkatan gelombang tinggi di perairan Indonesia dan potensi pertumbuhan angin kencang serta awan hujan di wilayah Sumatera, Jawa hingga Nusa Tenggara.

Menurutnya, dengan situasi tersebut, pihak-pihak terkait dapat siaga untuk mewaspadai cuaca ekstrem nantinya.

“Jadi mohon untuk benar-benar tidak hanya mewaspadai tapi disiagakan,” ujar Dwikorita.(Red)

Sumber : muarojambi.jambiserum.com

Komentar