Sejumlah Fasilitas Umum di Jeddah Ditutup Sementara Karena Terendam Banjir

Thehok.id – Sejumlah fasilitas umum di Jeddah, Arab Saudi ditutup sementara karena terendam banjir. Fasilitas yang ditutup tersebut mulai dari bandara hingga sekolah.

Banjir yang terjadi di Jeddah, Arab Saudi ini terjadi sejak Kamis (24/11/2022) subuh. Hingga Jumat siang, air masih merendam sejumlah kawasan.

Beberapa daerah yang terdampak banjir di Arab Saudi, yaitu Jeddah dan Mekah. Jeddah merupakan kota terbesar kedua di Arab Saudi dengan jumlah penduduk mencapai 4 juta orang. Kemudian Mekkah, sebagai tempat suci umat Islam, serta tujuan umat muslim untuk menunaikan ibadah haji dan umrah juga ditutup sementara.

Banjir yang menerjang Jeddah ini membuat banyak kendaraan terjebak di tengah genangan banjir. Sekolah-sekolah dan universitas di kota terbesar kedua di Saudi ini diliburkan akibat bencana alam ini.

Tak hanya itu, banjir ini juga telah menelan korban jiwa sebanyak 2 orang.

Direktorat Pendidikan Jeddah menyampaikan bahwa kegiatan belajar mengajar sekolah di wilayah tersebut, pada Kamis (24/11/2022) diliburkan.

Kebijakan itu diambil dalam rangka mengantisipasi keselamatan para pelajar yang mungkin disebabkan oleh intensitas hujan deras dan banjir.

Universitas King Abdulaziz yang berbasis di Jeddah dan beberapa universitas lainnya juga telah mengambil langkah yang sama.

Universitas King Abdulaziz mengatakan, bahwa pelaksanaan ujian untuk sementara ditunda, dan akan diumumkan lebih lanjut.

Al Arabiya menyebut, jalan yang menghubungkan Jeddah-Mekkah ditutup pada Kamis (24/11/2022), setelah hujan mulai turun. Meski akhirnya dibuka kembali.

Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi menuturkan, hujan ringan hingga lebat disertai angin kencang diperkirakan akan terjadi di sejumlah wilayah di Arab Saudi, termasuk Jeddah.

Pusat Meteorologi Nasional melaporkan, jumlah curah hujan tertinggi di wilayah selatan Jeddah, terjadi antara pukul 08.00 dan 14.00 waktu setempat. Angkanya mencapai 179 milimeter. Melebihi curah hujan yang tercatat pada tahun 2009, saat banjir Jeddah menewaskan 123 orang. (red)

Sumber : jambiseru.com

Dikutip dari artikel berjudul Akibat Banjir, Mulai Bandara Hingga Sekolah di Arab Saudi Ditutup Sementara

Komentar