Antisipasi Cuaca Ekstrem, TNI AU Terbangkan Pesawat Penabur Garam

Thehok.id – Menyikapi peringatan BMKG terkait cuaca ekstrem, TNI AU menerbangkan dua pesawat penabur garam di langit Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan adanya potensi cuaca ekstrem dipenghujung tahun 2022.

Keputusan TNI AU untuk terbangkan dua pesawat penabur garam ini dilakukan, menyusul keluarnya prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memperingatkan adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Dalam perhitungan BMKG tersebut, ada dua daerah yang akan paling terdampak cuaca ekstrem tersebut, yaitu DKI Jakarta dan Jawa Barat.
erkait prediksi itu, BPBD DKI Jakarta mengeluarkan pengumuman status siaga terhadap potensi cuaca ekstrem di Ibu Kota Indonesia.

Dalam hal ini, BPDB meminta masyarakat segera melakukan enam langkah antisipasi, seperti menyimak buku panduan kesiapsiagaan banjir hingga segera bertindak dengan membuat laporan ke JAKI saat menemukan potensi genangan atau banjir.

Guna mengantisipasi cuaca ekstrem, TNI AU mengerahkan dua pesawat jenis Cassa NC-212 Seri 200, guna melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), Selasa, 27 Desember 2022.

Dua pesawat digunakan untuk melakukan modifikasi cuaca di sekitar Ibu Kota.

Baca selengkapnya disini

Komentar