Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem

Thehok.id – Cuaca ekstrem seperti panas yang sangat terik atau suhu dingin yang sangat rendah dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Untuk menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Minum banyak air

Saat cuaca panas, pastikan Anda minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Saat cuaca dingin, sedikitnya minum 8-10 gelas air per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

2. Gunakan pakaian yang sesuai

Saat cuaca panas, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman dari bahan yang dapat menyerap keringat, seperti katun. Saat cuaca dingin, gunakan pakaian hangat seperti jaket atau sweater untuk menjaga tubuh tetap hangat.

3. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari

Saat cuaca panas, hindari terlalu lama terpapar sinar matahari, terutama antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika harus keluar rumah, gunakan payung atau topi untuk melindungi kepala dari paparan sinar matahari.

4. Jangan langsung mandi dengan air dingin

Saat cuaca panas, hindari mandi dengan air dingin karena dapat membuat tubuh kedinginan dan menyebabkan hipotermia. Gunakan air suam-suam kuku untuk menghindari hal tersebut.

5. Tetap aktif secara fisik

Saat cuaca dingin, tetaplah aktif secara fisik dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang lain. Ini dapat membantu memanfaatkan kalori dan tetap hangat.

6. Konsumsi makanan yang tepat

Konsumsi makanan yang tepat dengan nutrisi yang cukup, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat melawan cuaca ekstrem.

7. Usahakan untuk menghindari dampak cuaca ekstrem

Hindari kegiatan di luar ruangan saat cuaca ekstrem, apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang mempengaruhi daya tahan tubuh. Lebih baik tetap di dalam ruangan yang sejuk atau hangat tergantung cuaca.

Itu beberapa cara untuk menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, selalu konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. (*)

Komentar