Kamu Wajib Tahu! Ini Manfaat Tauge Buat Kesehatan

Thehok.id – Tauge merupakan salah satu sayuran yang sering di konsumsi masyarakat Indonesia. Ternyata, jika diolah dengan benar, tauge memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Oleh karena itu, bunda perlu perhatikan saat memasak tauge loh. Sangat disarankan untuk memasak tauge hingga benar-benar matang sebelum mengonsumsinya.

Lalu, bagaimana kandungan yang ada dalam tauge? Di dalam tauge terdapat karbohidrat, protein, serat yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, terdapat juga Vitamin B, Vitamin C, Vitamin K, Folat, Zat Besi, Kalium, Fosfor dan antioksidan.

Nah berikut ini manfaat yang baik untuk kesehatan saat mengonsumsi tauge, yaitu:

1.Melancarkan pencernaan

Dalam tauge terdapat kandungan serat dan air yang baik untuk kesehatan pencernaan loh. Dengan mengonsumsi tauge dapat membantu kita terhindar dari sembelit.

Tak hanya itu, dalam tauge juga terdapat kandungan probiotik yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan bakteri dalam usus kita.

2.Dapat membantu untuk mengontrol gula darah

Mengonsumsi tauge dengan teratur ternyata dapat membantu kita untuk mengontrol kadar gula darah loh. Karena di dalam tauge terdapat antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

3.Meningkatkan imunitas tubuh

Seperti yang diketahui, di dalam tauge terdapat kandungan vitamin C, protein dan antioksidan yang memiliki peran penting dalam menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit.

Vitamin C akan membantu efektivitas sel darah putih dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat molekul yang sifatnya merusak, seperti radikal bebas.

4.Dapat menjaga kesehatan jantung

Seperti yang kita ketahui, tauge berasal dari biji kededlai atau kacang hijau. Nah, dengan mengkonsumsi makanan dari biji-bijian yang banyak mengandung serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Tauge juga memiliki kandungan kalium yang diketahui sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil.

5.Baik untuk proses diet

Siapa nih yang tengah melakukan proses diet? Nah tauge bisa jadi pilihan kalian sebagai bahan makanan yang wajib dicoba saat melakukan diet.

Dengan kandungan serat dan protein yang tinggi dan termasuk kedalam sayuran yang memiliki kalori yang rendah, maka sangat cocok bagi kalian yang tengah melakukan diet.

Yang terakhir, dengan mengkonsumsi tauge maka membantu kalian merasa lebih kenyang dibandingkan biasanya. (red)

Sumber : suara.com

Komentar