Cara Budidaya Tanaman Hidroponik

Thehok.id – Budidaya tanaman hidroponik adalah teknik bercocok tanam dengan cara mengkultivasi tanaman di dalam air dan media tanam seperti tanah atau pasir. Berikut adalah langkah-langkah cara budidaya tanaman hidroponik:

1. Pilih jenis tanaman yang cocok untuk dibudidayakan dengan hidroponik, seperti selada, sawi, kangkung, bayam, tomat, atau cabe.

2. Siapkan wadah atau tabung yang berisi larutan nutrisi yang tepat untuk tanaman yang akan dibudidayakan. Komposisi zat hara yang diperlukan antara lain Nitrogen, Fosfor, Kalium, Kalsium, Magnesium, Besi, dan Mikro Nutrisi seperti Mangan, Boron, Molybdenum, Tembaga dan Zinc.

3. Gunakan media tanam seperti pasir, batu apung, atau arang sekam. Pastikan media ini bersih dan dapat menyediakan oksigen yang cukup untuk tanaman.

4. Tanam bibit dengan baik, terlebih dahulu siapkan potongan busa sebagai bantalan akar dan lubangi sedikit agar bisa menempel kuat bibitnya.

5. Beri air secara teratur ke dalam wadah hidroponik sehingga nutrisi terlarut dapat membuat tanaman tumbuh dengan baik. Pastikan pH air berada di kisaran 5,5-6,5 untuk tanaman daun, dan 6-7 untuk tanaman buah.

6. Atur lampu penerangan untuk memberikan cahaya yang tepat kepada tanaman. Penggunaan lampu dapat dilakukan ketika Anda tidak memiliki akses terhadap cahaya matahari.

7. Lalukan pemeliharaan termasuk melakukan perawatan dengan berkala, seperti mengganti air setiap seminggu sekali dan memberikan nutrisi tambahan jika diperlukan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa berkebun hidroponik di rumah Anda sendiri. Hal yang harus diperhatikan adalah kualitas air dan nutrisi yang dikapitalisasi, karena hidroponik sangat rentan jika terjadi pencemaran atau pembusukan akibat kotoran atau apapun di dalam larutan nutrisi. (*)

Komentar