10 Oktober Diperingati Sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia

Thheok.id – Setiap tahun pada tanggal 10 Oktober, diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia atau world mental health day. Peringatan hari kesehatan mental sedunia ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya kesehatan mental.

Hari kesehatan mental sedunia pertama kalinya diinisiasi oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia (WFMH) pada 1992 setiap tanggal 10 Oktober.

Tujuan penetapan 10 Oktober sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan mentaal.

Selain itu, peringatan ini menjadi upaya mengubah pandangan orang dan penanganan terhadap permasalahan kesehatan mental seseorang. Pasalnya, banyak pihak yang salah kaprah melihat masalah kesehatan mental hingga memberikan pengobatan yang salah.

Hingga saat ini, semangat memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia masih terus tumbuh dengan kuat. Untuk tahun ini, tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 adalah “Jadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global”.

Apa Itu Kesehatan Mental?

Mengutip dari laman Unicef.org, kesehatan mental adalah kondisi batin seseorang berada dalam keadaan tenang dan tentram sehingga seseorang dapat menikmati kehidupannya.

Saat mental seseorang tidak sehat atau terganggu, maka akan membuat kualitas hidup seseorang buruk. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan memiliki suasana hati yang buruk, kemampuan berpikir yang menurun hingga akhirnya mengarah pada perilaku yang buruk.

Oleh karenanya, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Sebab kesehatan mental juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang.

Untuk dapat mengetahui apakah mental seseorang sudah sehat atau belum, ada beberapa gejala mental tidak sehat yang perlu diperhatikan, antara lain:

Ada perubahan sifat, misal biasanya ceria jadi lebih banyak diam

Merasakan cemas atau ketakutan berlebihan

Imunitas tubuh mudah menurun sehingga sering sakit

Pola tidur berubah, bisa insomnia atau sulit tidur atau bahkan terlalu banyak tidur

Perasaan sering berubah-ubah atau moody

Itulah penjelasan mengenai sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia setiap tanggal 10 Oktober dan gejala mental tidak sehat yang perlu diketahui. (red)

Sumber : suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar