oleh

Eropa Bakal Terdampak, Jika Perang Rusia dan Ukraina Pecah

Thehok.id – Stabilitas Eropa bakal terdampak, jika perang antara Rusia dan Ukraina pecah. Ketegangan di perbatasan kedua negera tersebut saat ini tengah menjadi sorotan berbagai negara di dunia, termasuk Inggris.

Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss menilai, invasi Rusia ke Ukraina bisa saja terjadi sebentar lagi. Perang tersebut akan menimbulkan ancaman bagi stabilitas negara-negara di Eropa.

Saat ini, Rusia mengerahkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina. Para pemimpin politik Rusia membantah tudingan Barat bahwa mereka berencana melakukan invasi, namun mereka mengaku akan mengambil tindakan militer kecuali sederet tuntutan mereka dipenuhi, termasuk melarang Kiev untuk bergabung dengan NATO.

Baca juga : Rudapaksa 13 Santriwati: Herry Wirawan Divonis Penjara Seumur Hidup

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dan Presiden AS, Joe Biden melalui percakapan telepon pada Senin sepakat bahwa ada sebuah jendela krusial untuk diplomasi, namun Truss mengatakan invasi bisa terjadi sebentar lagi, dan pasukan Rusia bisa tiba di Kiev dengan “sangat, sangat cepat.”

“Ini … tentang stabilitas Eropa yang lebih luas,” katanya kepada Sky News.

“Dan ini tentang stabilitas global yang lebih luas, dan pesan yang kami sampaikan kepada agresor dan yang telah kami sampaikan kepada Vladimir Putin bahwa tidak akan ada penghargaan untuk agresi.”

Truss menjembatani para politisi di AS yang telah mewanti-wanti bahwa operasi “bendera palsu” dapat dimanfaatkan Moskow untuk memancing konflik.

“Masih ada kemungkinan invasi segera terjadi, dan itu sangat mungkin,” ucapnya.(ika)

Sumber : Jambiseru.com 

Komentar

News Feed