Cara Menghadapi Anak Pubertas

Thehok.id – Pubertas merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa secara seksual. Pubertas pada anak perempuan terjadi pada rentang usia 10 – 14 tahun. Sementara laki-laki pada usia 12 – 16 tahun.

Menghadapi anak yang sudah memasuki usia pubertas memang bukan hal yang mudah. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu orangtua dalam menghadapi anak yang sedang berada di masa pubertas:

1. Tetap terbuka dan jujur dalam berkomunikasi dengan anak Anda. Berbicaralah secara terbuka tentang perubahan yang sedang terjadi pada tubuh dan perasaan mereka.

2. Dengarkan dengan cermat apa yang dipikirkan anak Anda. Berusaha untuk memahami perspektifnya dan jangan mengabaikan apa yang dikatakannya.

Baca juga : Cara menghadapi Suami Pelit

3. Berikan informasi yang akurat mengenai hubungan seksual dan kesehatan reproduksi. Pastikan anak Anda mendapatkan informasi dari sumber yang tepat dan tidak salah kaprah.

4. Berikan kebebasan yang sehat untuk membantu anak Anda mengeksplorasi minat dan identitas mereka. Anda dapat membimbing mereka dengan tetap menghargai keunikan masing-masing anak.

5. Berikan dukungan dan kekuatan dalam menghadapi tekanan dan tantangan sosial yang terjadi selama masa pubertas.

6. Pastikan anak Anda memperoleh pendidikan dan pemahaman yang baik tentang penggunaan teknologi dan media sosial secara bertanggung jawab.

Baca juga : Cara Menyapih Anak dari ASI

7. Berikan kepercayaan pada anak Anda, namun tetap mengawasi dan memberikan batasan-batasan yang jelas.

8. Ingatlah bahwa pubertas adalah masa peralihan yang kompleks dan butuh kesabaran serta pengertian. Anda bisa mencari bantuan dari orangtua, teman, atau konselor jika Anda mengalami kesulitan dalam menghadapi situasi yang mungkin muncul selama masa pubertas anak Anda. (*)

Komentar