Cara Menyapih Anak dari ASI

Thehok.id – Menyapih adalah waktu ketika anak mulai belajar makan makanan padat seutuhnya tanpa tambahan ASI lagi dan hal tersebut merupakan salah satu tahapan yang bisa dilakukan oleh ibu untuk menyapih.

Berikut adalah beberapa tips untuk menyapih anak dari ASI:

1. Lakukan secara bertahap. Sapih anak dari ASI sebaiknya dilakukan secara bertahap dan perlahan-lahan, bukan secara abrupt. Mulai dengan mengurangi frekuensi pemberian ASI, kemudian berganti dengan mengenalkan makanan padat dan minuman.

2. Berikan pengganti yang baik. Berikan pilihan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi untuk menggantikan ASI, seperti susu formula atau makanan padat seperti buah-buahan, sayuran, sereal, dan roti gandum.

Baca juga : Tips Merawat Hair Extension Agar Tidak Ketombean

3. Ciptakan rutinitas baru. Buatlah rutinitas baru untuk menggantikan pemberian ASI, seperti merubah jadwal makan atau kegiatan yang sebelumnya terkait dengan pemberian ASI.

4. Kurangi kelekatan emosional. Sapih anak dari ASI bisa menjadi sulit bagi kedua belah pihak karena ini adalah momen yang sangat emosional. Jika hal ini sulit dilakukan, coba kurangi kelekatan emosional dengan mengalihkan perhatian anak dan diri sendiri dengan kegiatan lainnya.

5. Beri dukungan dan kehangatan. Dalam proses menyapih anak dari ASI, peran orang tua sangat penting untuk memberikan dukungan dan kehangatan kepada si kecil.

Baca juga : Sering Konsumsi Minuman Dingin? Perhatikan Efeknya Bagi Tubuh

Berikan pujian ketika anakmu sudah bisa mengurangi frekuensi pemberian ASI, dan juga jangan lupa untuk memberikan kenyamanan dan perhatian yang sama seperti ketika masih memberikan ASI.

Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki tingkat kesiapan yang berbeda dalam menyapih, maka jangan lupa untuk selalu mendengarkan hal-hal yang dibutuhkan oleh si kecil dan konsultasikan dengan dokter anak jika memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang proses menyapih anak dari ASI. (*)

Komentar

News Feed