Cara Mengatasi Anak yang Ketergantungan HP

Thehok.id – Ketergantungan anak pada hp atau gadget dapat membawa dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental anak, seperti kegemukan, postur tubuh yang buruk, masalah kesehatan mental dan kecanduan. Berikut cara mengatasi anak yang ketergantungan hp:

1. Ciptakan batas waktu penggunaan hp

Tentukan waktu yang tepat untuk anak menggunakan hp. Contohnya, sediakan waktu spesifik untuk anak menggunakan hp saat malam hari. Ajarkan anak untuk mengenal waktu yang tepat ketika ia boleh menggunakan hp dan ketika ia tidak boleh.

2. Temukan kegiatan baru

Bantu anak menemukan kegiatan baru yang seru dan bermanfaat, seperti olahraga, seni, atau hobi yang berbeda. Menjalin kegiatan nyata seperti berbicara atau bermain bersama dengan anak dapat membantu meredakan keinginan anak untuk terus menggunakan hp.

3. Menghindari makanan manis dan jajanan

Sebagai orangtua, butuh mengetahui bahwa makanan berat, tepatnya makanan manis dan jajanan dapat meningkatkan kecanduan pada gadget. Perlu dihindari untuk membuat anak makanan dengan kadar gula atau manis yang tinggi.

4. Libatkan anak dalam aktivitas sosial

Ajak anak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, seperti bergabung ke klub, komunitas atau organisasi. Ini dapat membantunya bertemu dengan teman-teman sebaya dan lebih terlibat dalam kegiatan yang lebih sehat dan positif.

5. Pertahankan kebiasaan baik sebagai orangtua

Orangtua juga memelihara kebiasaan buruk. Hindari penggunaan gadget di depan anak karena bisa membuka inspirasi buruk bagi anak.

6. Buat daftar aktivitas harian

Ajak anak membuat daftar aktivitas harian, termasuk waktu belajar, bermain di luar atau melakukan kegiatan lain yang membantu mengurangi waktu penggunaan hp.

7. Jaga komunikasi yang baik

Ada baiknya membuat komunikasi anak dengan orang tua tetap tebal. Dengan cara ini dapat membantu mengetahui sejauh mana tingkat pemakaian dan manfaat penggunaan hp oleh anak.

Dalam mengatasi anak yang ketergantungan hp, yang paling penting adalah kesabaran dan konsistensi dalam menerapkan aturan. Dalam mengatasi anak yang ketergantungan, peran orangtua memiliki pengaruh pasti. (*)

Komentar