Ini Resiko LDR dan Cara Mengatasinya

Thehok.id – LDR adalah singkatan dari Long Distance Relationship, atau hubungan jarak jauh. LDR ini dapat meningkatkan tekanan pada hubungan percintaan.

Beberapa resiko LDR antara lain:

1. Komunikasi yang terbatas – Terbatasnya waktu untuk berkomunikasi dapat mengakibatkan salah satu atau kedua pasangan merasa kurang terhubung dan terbuka satu sama lain.

2. Kesenjangan waktu – Perbedaan zona waktu dapat membuat kesulitan untuk menemukan waktu yang cocok untuk berkomunikasi.

3. Kehilangan kontak fisik – Hilangnya kontak fisik, seperti pelukan, ciuman, atau aktivitas fisik lainnya dapat mengurangi rasa dekat antara pasangan.

Untuk mengatasi resiko dalam menjalani hubungan LDR, beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain :

1. Menjalin komunikasi yang baik

Cobalah untuk mengatur jadwal rutin untuk berkomunikasi, menggunakan berbagai cara seperti telepon, video call, atau pesan teks untuk saling berbagi cerita dan mendengarkan pasangan.

2. Bersikap sabar

Kehadiran fisik yang hilang tidak berarti bahwa hubungan tidak ada. Bersikaplah sabar, dan terus memotivasi diri dengan memikirkan saat-saat bahagia bersama di masa depan.

3. Membangun rasa kepercayaan

Karena jarak yang jauh, sangat penting untuk membangun rasa kepercayaan antara pasangan. Jangan merasa cemburu tanpa alasan yang jelas dan jangan akan membuat rasa percaya semakin buruk.

4. Berupaya membuat kejutan dan hadiah

Buatlah kejutan atau kirim hadiah kecil seperti bunga, kartu ucapan, atau cokelat – untuk memberikan kebahagiaan dan mengingatkan pasangan bahwa mereka di pikiran kita.

5. Menjalin hobi atau kegiatan yang sama

Usahakan mencari kegiatan atau hobi yang sama, memperluas kesempatan untuk berbicara dan terlibat dalam suatu kegiatan yang sama sehingga kesamaan minat bisa membuat koneksi yang lebih kuat.

Jika dijalankan dengan baik, LDR dapat berhasil dalam membina suatu hubungan dan memperkuat keterikatan di antara pasangan. (*)

Komentar