Waspada Stunting, Cegah Malnutrisi Sejak Dalam Kandungan

Thehok.id – Malnutrisi merupakan kondisi terganggunya tumbuh kembang anak karena ketidakseimbangan nutrisi yang masuk ke tubuh anak.

Kekurangan nutrisibisa dicegah sejak anak berada dalam kandungan, sehingga ibu hamil perlu memperhatikan nutrisinya sehingga tidak menyebabkan malnutrisi ketika anak lahir.

Malnutrisi adalah kondisi di mana tumbuh kembang anak terganggu akibat ketidakseimbangan nutrisi. Jika kekurangan nutrisi, maka bisa menyebabkan stunting, namun jika kelebihan maka timbul overweight.

Berdasarkan hasil Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) Kementerian Kesehatan 2018 menunjukan bahwa 17,7% balita masih mengalami masalah gizi. Angka tersebut terdiri atas 3,9% balita yang mengalami gizi buruk dan sebesar 13,8% yang menderita gizi kurang.

Untuk itu memberikan gizi yang baik sejak anak dalam masa kandungan penting untuk dilakukan. Dilansir dari Halodoc, berikut cara mencegah malnutrisi pada anak.

1. Mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin selama kehamilan

Di saat mengandung, calon ibu harus memperhatikan kebutuhan calon anak yang akan dilahirkan dengan makanan dan vitamin yang baik selama kehamilan. Kebutuhan tersebut meliputi folat, kalsium, protein, zat besi, dan vitamin D.

2. Memberikan ASI eksklusif

Asi adalah makanan terbaik bayi dibandingkan dengan susu jenis apa pun. Setidaknya selama 6 bulan ASI menjadi prioritas kebutuhan bayi sebelum MPASI pertamanya. Seperti yang kita ketahui bahwa ASI mengandung hindmilk dan foremilk yang baik untuk bayi.

3. Pola makan sehat

Tidak hanya asal makan, ibu harus memperhatikan jenis makanan yang masuk ke tubuh anak. Perhatikan asupan agar anak mendapatkan cukup karbohidrat, mineral, lemak, protein dan vitamin. Makanan seperti nasi, ayam ikan, telur dan buah-buahan semuanya sangat baik untuk dikonsumsi.

4. Memberikan suplemen

Berilah suplemen yang bisa membantu menunjang kesehatan dan nutrisi pada anak. Carilah suplemen dengan kandungan vitamin A, B, C ataupun vitamin K. Tanyakan ke dokter mengenai dosis yang tepat dan jenis suplemen yang paling cocok dikonsumsi anak anda sesuai dengan kebutuhan.

Jika kondisi malnutrisi anak sudah sangat buruk, maka perlu diperiksakan lebih lanjut. Dokter akan merujuk anak ke dokter ahli gizi klinis guna mendapatkan terapi yang lebih spesifik. Sayangi anak anda dengan memberikan makanan dan gizi yang sesuai dengan begitu stunting pada anak bisa dihindari. (red)

Sumber : suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar