oleh

Waspada Produk Palsu, Ini Cara Cek BPOM Kosmetik

Thehok.id – Saat ini banyak bermunculan skincare yang menjanjikan kulit mulus dan harga yang relatif murah. Namun kita tetap harus waspada terhadap produk abal-abal dan kandungan berbahaya yang mungkin saja terdapat dalam produk yang kita gunakan. Untuk itu ada baiknya sebelum menggunakannya, sebaiknya di cek terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM.

Nomor BPOM yang tercantum adalah bukti bahwa produk kecantikan bersangkutan telah lulus uji dan aman untuk digunakan. Sayangnya, ada saja oknum nakal yang memalsukan nomor BPOM agar produk abal-abal mereka seolah asli, padahal mungkin saja sebenarnya sangat berbahaya.

Biar tidak tertipu, coba cek sendiri nomor BPOM dari produk yang hendak dibeli. Berikut cara mengecek keaslian kosmetik dengan memeriksa nomor BPOM.

1. Cara Mengecek Keaslian Kosmetik melalui Situs BPOM

Buka laman resmi BPOM di cekbpom.go.id
Pilih kolom “Cari Berdasarkan” dan pilih “Nomor Registrasi”
Lengkapi data yang dibutuhkan seperti nomor registrasi, nama produk, dan merek (bisa pilih salah satu saja)
Klik tombol cari.
Nantinya, Anda akan melihat sejumlah data yang muncul, meliputi nomor registrasi, nama produk, tanggal terbit, diterbitkan oleh, jenis produk, bentuk produk, merek, kemasan, pendaftar, dan produsen.

Jika informasi tersebut muncul, bisa dipastikan bahwa produk kosmetik yang Anda gunakan terdaftar di BPOM dan merupakan produk yang asli. Kalau tidak atau muncul tapi ada perbedaan data, bisa dipastikan bahwa nomor BPOM yang tertera pada produk kosmetik itu palsu.

2. Cara Mengecek Keaslian Kosmetik via Aplikasi Cek BPOM

Unduh aplikasi “Cek BPOM” melalui PlayStore atau AppStore
Pada halaman utama, klik “Semua Produk”, pilih pencarian berdasarkan kategori produk di BPOM.
Setelahnya, pilih “Nomor Registrasi” atau “Scan Produk” jika terdapat barcode pada merek kosmetik yang ingin dicek.
Lengkapi informasi yang dibutuhkan berupa nomor izin edar BPOM yang tercantum pada kemasan produk.
Klik tombol cari.
Sama seperti sebelumnya, jika produk kosmetik bersangkutan mencantumkan nomor BPOM asli, Anda dapat melihat informasi mengenai produk tersebut secara menyeluruh. Namun, jika informasi tersebut tidak muncul atau terdapat perbedaan di dalamnya, artinya ada yang tidak beres dengan produk itu. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed