oleh

Sayuran Ini Sangat Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Thehok.id – Penelitian menemukan bahwa makan kangkung bisa membantu mengontrol kadar gula pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini karena diabetes tipe 2 terjadi akibat hasil produksi insulin yang buruk. Sedangkan, insulin berfungsi mengatur kadar gula darah dalam tubuh tetap normal.

American Diabetes Association menemukan sayuran hijau, termasuk kangkung merupakan makanan superstar bagi penderita diabetes yang jarang diketahui.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biomedical Reports membuktikan manfaat luas biasa dari makan kangkung bagi penderita diabetes.

Uji coba dilakukan pada pada 42 subjek Jepang berusia 21 hingga 64 tahun dengan kadar gula darah di atas rata-rata.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok yang mengkonsumsi plasebo dan mengonsumsi makanan yang mengandung kangkung bersama-sama dengan makanan tinggi karbohidrat.

Kelompok yang makan kangkung disarankan makan bersama karbohidrat, karena karbohidrat bisa dipecah menjadi gula darah dengan cepat, yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Para peneliti berusaha untuk menyelidiki apakah konsumsi kangkung dapat melawan efek kadar gula darah tinggi atau tidak.

Setelah 30 hingga 120 menit, kadar gula darah para peserta pun dicek. Rata-rata, kadar gula darah peserta yang makan kangkung lebih rendah secara signifikan dibandingkan kelompok yang mengonsumsi plasebo. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed