oleh

Perhatikan 4 Hal Ini Jika Kamu Berinvestasi Emas Perhiasan

Thehok.id – Investasi emas dalam bentuk perhiasan memang banyak digandrungi masyarakat. Namun demikian, ada baiknya kita lebih memahami resiko yang ada dibaliknya.

Karena berfungsi sebagai alat investasi sekaligus mempercantik penampilan, tentu dari segi harga akan berbeda. Biasanya semakin rumit desainnya akan semakin mahal juga harga yang harus dibayarkan. Berikut ini beberapa kekurangan dimaksud.

1. Nilai Jual Mengalami Penurunan

Ketika melakukan investasi emas dalam bentuk perhiasan, kamu perlu memahami bahwa nilai jualnya akan mengalami penurunan. Sebab, bukan hanya berdasarkan kadar kemurnian emas saja yang menjadi pertimbangan harga jual, tapi juga biaya pembuatan.

Sesudah jumlahnya diketahui, barulah akan dihitung harga jual perhiasan tersebut. Sebagai tips, bila memang ingin menjadikan perhiasan sebagai investasi, sebaiknya pilih waktu paling tepat untuk menjualnya kembali.

Untuk mengetahui waktu paling tepat, perhatikan grafik harga emas secara rutin. Biasanya akan terasa menguntungkan bila jangka waktunya mencapai lima tahunan atau lebih. Bila jangka pendek, perolehan keuntungan lebih sedikit bahkan berpotensi merugi.

2. Adanya Risiko Mengalami Kehilangan

Kekurangan investasi emas perhiasan yang tidak kalah penting diperhatikan yaitu adanya risiko mengalami kehilangan. Baik itu saat digunakan atau disimpan di rumah. Risiko kehilangan bisa berupa jatuh, dicuri, dirampok atau terkena musibah seperti kebakaran.

Hal inilah yang membuat penyimpanan emas dalam bentuk perhiasan perlu lebih dijaga. Apalagi bila kamu memakainya saat di tempat yang cenderung ramai atau terlalu sepi. Sebab, momen ini bisa dijadikan peluang bagi oknum penjahat melancarkan aksi.

3. Membutuhkan Perawatan Ekstra

Perhiasan lebih membutuhkan perawatan ekstra, apalagi bila sering dipakai. Perawatan ini sangat penting supaya saat nantinya dijual lagi, harganya tidak turun terlalu banyak akibat perhiasan mengalami kerusakan seperti terbentur, tergores atau lainnya.

4. Berisiko Mendapatkan Perhiasan Palsu

Kekurangan terakhir, berisiko mendapatkan perhiasan palsu seiring dengan semakin banyaknya toko bermunculan. Jadi, sebaiknya jangan membeli di sembarang tempat bila tidak ingin mendapatkan emas palsu.

Walaupun memiliki kekurangan, emas dalam bentuk perhiasan tetap memberikan keuntungan lumayan bila dijadikan investasi jangka panjang. Terlepas dari kekurangan investasi emas perhiasan, asalkan menjualnya saat harga lebih mahal dibandingkan harga beli, keuntungan tetap bisa diperoleh. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed