Penderita Diabetes Wajib Hindari Makanan Ini

Thehok.id – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Penderita Diabetes wajib menjaga pola makan agar gula darah senantiasa terjaga.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes:

1. Gula dan makanan tinggi gula

Kue, permen, sirup, minuman bersoda, es krim, dan makanan lainnya yang tinggi gula dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara cepat.

2. Karbohidrat olahan

Roti putih, pasta, nasi putih, dan makanan olahan lainnya mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan akan menyebabkan kenaikan gula darah.

3. Makanan tinggi lemak jenuh

Alpukat, krim keju, mentega, daging merah berlemak, dan makanan lainnya yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar gula darah.

4. Makanan cepat saji

Penderita diabetes harus menghindari makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng, dan makanan lainnya yang mengandung lemak, gula, dan garam dalam jumlah besar.

5. Buah-buahan kering

Buah kering mengandung gula alami tinggi, dan karena air telah dihilangkan, jumlah karbohidrat per ons jauh lebih tinggi dari buah segar.

Namun demikian, setiap penderita diabetes dapat memiliki toleransi yang berbeda terhadap makanan tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli diet untuk membuat rencana diet yang tepat. (*)

Komentar