Satgas Antimafia Bola Sebut Ada Klub Liga 2 Suap Wasit Hingga Rp800 Juta

Thehok.id – Kasus suap menyuap ternyata juga terjadi di dunia sepakbola. Satgas Antimafia Bola menyatakan ada klub Liga 2 yang menyuap wasit Rp800 juta demi promosi ke Liga 1. Pengaturan skor tersebut terjadi pada Liga 2 2018.

Menurut Ketua Satgas Antimafia Bola Irjen Asep Edi Suheri, nominal itu merupakan data sementara. Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan angka tersebut dapat bertambah seiring dengan pendalaman kasus.

“Sampai saat ini terdata kurang lebih sekitar Rp800 juta, kalau pengakuan mungkin bisa Rp1 miliar lebih. Tapi yang terdata sesuai fakta yang kita dapat ada Rp800 juta,” kata Asep saat konferensi pers di Mabes Polri Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Asep menjelaskan klub dengan inisial Y itu melakukan suap untuk pengaturan skor sejak 2018. Namun suap sempat terhenti pada 2020/2021, sebab pada periode itu tak ada pertandingan bola akibat pandemic Covid-19. Kemudian pada 2021 klub Y kembali melakukan penyuapan.

“Dalam beberapa pertandingan memang klub Y ini menang. Kecuali satu, dan naik untuk ke Liga 1. Kalau enggak salah dari delapan itu satu yang kalah. Tapi dari tujuh itu menang semua,” ucapnya.

Baca selengkapnya klik disini

Komentar