Penyebab HP Cepat Lemot

Thehok.id – Performa smartphone yang lambat atau biasa dikenal dengan sebutan lemot tentu sangat mengganggu dan mengesalkan. Ada beberapa hal yang menyebabkan HP menjadi lemot.

1. Kurang Memori Internal
Memori internal yang penuh dapat membuat performa HP kamu menjadi lebih lambat. Smartphone dengan memori internal yang lebih besar biasanya lebih cepat dan lancar karena terdapat banyak ruang untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data.

2. Banyaknya Aplikasi
Aplikasi yang terlalu banyak pada hp juga merupakan salah satu penyebab hp menjadi lemot. Karena aplikasi yang masih terbuka cukup banyak, sehingga membuat HP mengalami pembatasan daya komputasi, kinerja ditahan, dan akibatnya smartphone kamu mudah mengalami hang.

3. Kurangnya Penjagaan HP dengan Baik
Kebiasaan buruk seperti menjatuhkan dan mengecas HP dengan tidak benar dapat menyebabkan masalah pada perangkat keras. Misalnya, baterai bisa aus, layar hp bisa retak, atau bahkan mungkin komponen fisik lainnya bisa rusak. Jika hal ini terjadi, smartphone kamu bisa menjadi tidak stabil dan cenderung menjadi lambat.

4. Adanya Virus
Virus atau malware dapat menyebabkan kerusakan pada sistem, sehingga mengurangi kinerjanya. Beberapa di antaranya, seperti worm dan Trojan, bisa merusak aplikasi dan merubah pengaturan system. Ini menyebabkan smartphone menjalankan aplikasi dengan waktu yang lebih sedikit daripada seharusnya.

5. Proses Sistem Operasi
Sebuah degradasi pada performa penggunaan ponsel bisa memang disebabkan karena sistem operasi (OS) yang kuno atau tidak diperbarui. Namun, dengan pembaruan sistem operasi, bisa membawa fitur baru dan perbaikan, yang bisa mempercepat smartphone kamu menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Pembaruan sistem help kamu memastikan bahwa aplikasi juga diperbarui dan cocok dengan versi OS di perangkat kamu. (*)

Komentar