Suka Makanan Pedas? Waspada Gangguan Kesehatan Ini!

Thehok.id – Saat ini makanan pedas sedang banyak digemari masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Makanan pedas memang paling enak dinikmati, namun jika terlalu sering bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dapat memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan, antara lain:

1. Gangguan pencernaan

Konsumsi makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, kembung, dan diare. Hal ini terjadi karena makanan pedas menstimulasi produksi asam lambung yang berlebihan.

2. Gangguan kesehatan mulut

Konsumsi makanan pedas secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut seperti sariawan dan luka pada bibir.

Baca juga : Sering Konsumsi Minuman Dingin? Perhatikan Efeknya Bagi Tubuh

3. Peradangan lambung

Konsumsi makanan pedas yang berlebihan bisa menyebabkan radang lambung atau gastritis.

4. Dehidrasi

Konsumsi makanan pedas dapat membuat seseorang mengeluarkan banyak keringat dan mengalami dehidrasi. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti pusing atau bahkan pingsan.

5. Gangguan tekanan darah

Makanan pedas juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat secara sementara, dan ini berbahaya bagi orang-orang yang menderita hipertensi.

Baca juga : Tips Usaha dengan Modal Kecil

6. Iritasi pada kulit

Selain pada bagian mulut, kulit bisa mengalami iritasi akibat kontak langsung dengan cabai dan rempah-rempah yang digunakan dalam makanan pedas.

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pedas dan mengkonsumsinya dengan bijak. Jangan lupa untuk mengimbangi konsumsi dengan air yang cukup dan tidak memaksa diri untuk mengonsumsi makanan pedas jika dirasa tidak nyaman dan mengganggu kesehatan. (*)

Komentar