KPK Wacanakan Lapas Nusa Kambangan Jadi Napi Korupsi

Thehok.id – KPK mewacanakan untuk menjadikan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan jadi penjara untuk Napi Korupsi. Wacana tersebut dihembuskan KPK, karena Lapas yang berasa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini bisa memberikan efek jera.

Dikatakan Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, Lapas Nusakambangan lebih menakutkan dari yang ada saat ini. Sehingga diharapkan dapat menimbulkan efek jera. Namuan hal itu saat ini masih berupa wacana.

“Sekali lagi ini masih, kami juga tidak memahami, ini masih wacana. Harapannya kalau penjara bagi koruptor itu di Nusakambangan, itu lebih menakutkan dan menimbulkan efek jera. Tapi itu di hasil kajian kita,” katanya saat ditemui di kantor KPK, Selasa (9/5/2023).

Baca juga : Dapat Penambahan 8.000 Orang Kuota Haji Indonesia dengan Kriteria Khusus

KPK telah melakukan kajian terkait tata kelola Lapas di Indonesia. Berdasarkan hasil kajian KPK, koruptor perlu ditempatkan di lapas khusus seperti Nusakambangan agar memberikan efek jera. Sebab, Nusakambangan merupakan lapas yang paling ditakuti.

“Tentu itu adalah sebuah kajian kalau hanya dipidana penjara di tempat lain mungkin dianggapnya biasa, sehingga perlu dikuatkan untuk lebih menakutkan dan menimbulkan efek jera,” ungkapnya.

Baca selengkapnya klik disini

Komentar