Obesitas Bisa Sebabkan Gangguan Penglihatan

Thehok.id – Banyak yang tidak tahu jika kelebihan berat badan atau obesitas ternyata bisa meningkatkan resiko degenerasi makula terkait usia (AMD), sehingga menyebabkan gangguan papa penglihatan.

Berdasarkan penelitian University of Montreal, para peneliti dengan penelitian yang melibatkan tikus, menemukan jika obesitas akibat diet tinggi lemak menyebabkan perubahan kekebalan yang terus-menerus bahkan setelah kehilangan berat badan ekstra dan kembali ke metabolisme normal. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Science.

Beberapa perubahan epigenetik memperburuk respons peradangan terhadap cedera mata yang diinduksi secara eksperimental selama percobaan pada tikus.

Baca juga : Dokter Anak Sebut Lato-lato Tak Aman Untuk Balita

Hal ini membuat tim menduga perubahan serupa terjadi pada manusia, yang akan menyebabkan kecenderungan AMD di antara orang gemuk.

“Kami ingin tahu mengapa beberapa orang dengan kecenderungan genetik mengembangkan AMD sementara yang lain terhindar darinya,” kata pemimpin studi sekaligus profesor oftalmologi Przemyslaw (Mike) Sapieha.

Dia mengatakan penelitian mereka menunjukkan bagaimana obesitas dapat mengubah sel kekebalan dan membuatnya merusak mata, menyebabkan masalah penglihatan di kemudian hari.

AMD dianggap sebagai penyebab utama kebutaan permanen di seluruh dunia. Pada tahun 2020, sekitar 196 juta orang didiagnosis dengan kondisi ini, menurut Science Daily. (red)

Sumber : seleb.jambiseru.com

Komentar