Simak Tips Ini Agar Kamu Tidak Boros

Thehok.id – Kamu termasuk orang yang boros? Mungkin beberapa tips berikut ini bisa bermanfaat untuk kamu yang merasa terlalu boros dalam mengelola keuangan.

1. Buat rekening yang berbeda

Agar gaji tidak selalu habis, cobalah buat rekening khusus untuk tabungan. Usahakan saat membuat rekening ini jangan disertakan kartu ATM supaya saldonya awet, gak diambil-ambil.

Jika kamu rutin melakukan ini, maka tanpa kamu sadari jumlah tabunganmu bisa sangat banyak, lho. Selain bisa digunakan untuk keperluan darurat juga bisa jadi modal tambahan bisnis sampingan supaya kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih dari satu sumber.

Terkadang untuk membiasakan diri menabung perlu memaksakan. Dari paksaan itulah lama-lama jadi terbiasa. Maka dari itu, cobalah buat rekening berbeda antara tabungan dan kebutuhan sehari-hari, ya.

2. Buat rencana dulu sebelum belanja

Supaya tidak kalap saat belanja, sebaiknya rencanakan sebelumnya apa saja yang mau dibeli. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa yang kamu butuhkan dan apa saja yang sebenarnya tidak kamu butuhkan tapi cuma lapar mata doang.

3. Bergaya hidup seadanya

Tips lain agar kamu gak boros, yaitu bergayalah sesuai dengan isi saldomu. Jangan karena ingin mengikuti orang lain sampai-sampai jadi memaksakan di luar kemampuan, dan ujung-ujungnya merugikan diri sendiri.

Kalau orang lain bisa bergaya sesuka mereka mungkin memang karena kondisi finansialnya mencukupi. Tapi, kalau kamu belum sampai ke tahapan tersebut, jangan ikut-ikutan, ya!

4. Rem keinginan membeli barang yang nilainya merosot

Gak sedikit yang ketika punya uang lebih langsung buru-buru ganti kendaraan atau ponsel dengan yang lebih mewah. Padahal, produk yang lama gak ada masalah.

Kebiasaan ini bisa bikin boros, lho. Daripada membeli barang yang nilainya makin merosot, mending kamu beli emas. Walaupun harga emas naik turun, tapi secara jangka panjang harganya akan naik. Jadi, sangat menguntungkan untuk investasi.

5. Setop melakukan hobi yang gak berfaedah

Memiliki hobi boleh-boleh saja. Tapi, tetap harus dilihat lagi seperti apa kondisi keuangan. Kalau hobi yang kamu jalani hanya membuat gajimu habis tak bersisa, maka pertimbangkan ulang, ya.

Misalnya, pelihara burung tapi hanya koleksi saja. Berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk biaya pemeliharaannya? Beda halnya jika hobi memelihara burung malah kamu jadikan sumber pundi uang.

Semoga uraian tips tadi bisa bermanfaat agar kamu gak lagi boros. Meski terkesan sederhana, tapi jangan anggap sepele, ya! (red)

Sumber : suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar