Pasca Tragedi Kanjuruhan, Ini Sanksi FIFA yang ‘Menghantui’ Indonesia

Thehok.id – Akibat tragedi Kanjuruhan, Indonesia terancam akan dikenakan beberapa sanksi dari FIFA.

Berikut ini sejumlah ancaman FIFA yang ‘menghantui’ Indonesia pasca tragedi yang merenggut nyawa ratusan orang tersebut.

1. Timnas Indonesia Dilarang Main di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20

Sanksi FIFA yang mengancam Indonesia imbas tragedi Kanjuruhan adalah pencabutan hak ikut serta Timnas Indonesia di Piala Asia U-2023 dan Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia dinyatakan lolos ke Piala Asia 2023 yang digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Piala Asia U-20 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan.

2. Pertandingan Liga Indonesia Bisa Dibekukan 8 Tahun

Selain itu, Indonesia juga terancam sanksi dari FIFA, yakni seluruh pertandingan Liga Indonesia akan dibekukan selama 8 tahun. Hukuman ini sangat berdampak pada pemain, PSSI, pelatih, hingga pelaku usaha.

3. Indonesia Terancam Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Alasan keamanan pun diduga menjadi faktor keputusan ini. Rencanya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang digelar 20 Mei hingga 11 Juli 2023.

4. Keanggotaan Indonesia di FIFA Dicabut

Sanksi FIFA yang tidak kalah berat mengancam Indonesia imbas tragedi Kanjuruhan yakni pencabutan keanggotaan. Pada 2015, terdapat sanksi untuk PSSI yang dikeluarkan FIFA lewat dokumen yang ditandatangani Sekjen FIFA Jerome Valcke.

Dalam dokumen tersebut, dijelaskan bahwa keanggotaan Indonesia di FIFA dicabut atas hasil rapat Komite Eksekutifnya di Swiss. FIFA menjatuhkan sanksi tersebut lantaran pemerintah Indonesia dianggap melanggar Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA.

5. Kompetisi Liga Indonesia Tidak Ada Penonton

Sanksi FIFA yang menjadi ancaman bagi Indonesia adalah Indonesia akan menggelar pertandingan tanpa penonton.

6. Pengurangan Poin Ranking FIFA Timnas Indonesia

Sanksi FIFA yang mengancam Indonesia imbas tragedi Kanjuruhan selanjutnya yakni adanya pengurangan poin ranking FIFA Timnas Indonesia. Jika keputusan ini muncul, Timnas Indonesia yang saat ini menempati ranking 152 akan turun drastis.

7. Klub Indonesia Dilarang Main di AFC Cup dan Liga Champions Asia

Jika ada larangan bahwa Indonesia dilarang tampil di AFC Cup dan Liga Champions Asia, artinya peluang Indonesia berprestasi tidak akan mampu diraih. Dunia sepak bola Indonesia pun meredup. (red)

Sumber : pariwarajambi.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar