oleh

WHO : Cacar Monyet Jadi Kondisi Darurat Kesehatan Dunia

Thehok.id – Penyakit cacar monyet telah ditetapkan WHO sebagai kondisi darurat kesehatan atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Penetapan ini dilakukan dengan berbagai alasan dan pertimbangan.

“Untuk semua alasan ini, saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam siaran tertulisnya.

Dikutip dari laman WHO, PHEIC dapat diartikan sebagai kejadian luar biasa yang berisiko menimbulkan masalah kesehatan masyarakat di negara lain melalui penyebaran penyakit internasional dan berpotensi memerlukan tanggapan yang terkoordinasi.

Baca juga : Tak Mau Dirazia, Pengendara Motor Tabrak Polisi

“Biasanya, kondisi PHEIC ini terjadi secara tiba-tiba dan cukup serius. Hal tersebut yang membuat kondisi ditetapkan darurat agar tidak terjadi penularan kasus berskala internasional,” tulisnya.

Bedanya dengan pandemi, merupakan kondisi darurat kesehatan berskala internasional. Pada kasusnya, penyakit sudah menyebar di beberapa negara, sehingga membutuhkan tindakan kesehatan untuk mengurangi kasus yang ada. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed