oleh

Waspada! Ini Orang yang Rentan Terkena Cacar Monyet

Thehok.id – Penyakit cacar monyet yang saat ini sedang menyerang kawasan Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia semakin meresahkan. Karena penyebarannya yang terbilang cepat, Indonesia tentunya juga harus mewaspadai virus yang ditularkan melalui binatang ini.

Penyakit cacar monyet telah menjadi perhatian karena kasusnya yang mulai merebak di dunia. Pada Minggu (22/5/2022), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencatat, setidaknya ada 92 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan 28 kasus suspek dari 12 negara.

Cacar monyet sebelumnya merupakan penyakit yang cukup langka dan hanya endemi di wilayah Afrika. Itulah mengapa, otoritas kesehatan lantas terkejut ketika kasus cacar monyet tiba-tiba meningkat dan muncul di negara-negara yang sebelumnya tidak memiliki kasus.

Baca juga : Pahami Definisi Cacar Monyet Ini Agar Lebih Waspada

Siapa saja yang berisiko tinggi terinfeksi cacar monyet?

Pada umumnya, semua orang bisa saja terinfeksi cacar monyet. Namun, ada kelompok-kelompok yang rentan terinfeksi penyakit cacar monyet atau monkeypox ini. Orang-orang yang melakukan kontak fisik langsung dengan orang ataupun hewan yang terinfeksi juga punya risiko tinggi untuk tertular cacar monyet.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memperingatkan bahwa risiko infeksi virus cacar monyet lebih tinggi terjadi pada laki-laki gay dan biseksual.

“Kesadaran akan kenyataan ini sangat penting agar orang membuat keputusan berdasarkan informasi tentang kesehatan pribadi mereka dan kesehatan komunitasnya,” kata ahli epidemiologi CDC Dr. John Brooks dalam telebriefing Senin dikutip dari Fox.

Baca juga : Wabah Cacar Monyet di Eropa, 219 Kasus Ditemukan

Brooks menambahkan, meskipun virus cacar monyet bukan infeksi menular seksual tetapi dapat ditularkan melalui kontak pribadi, termasuk saat hubungan seks. Menurut CDC, sebagian kecil kasus cacar monyet juga terjadi di antara laki-laki gay.

Tenaga kesehatan, orang yang tinggal serumah dan kontak erat lain merupakan kelompok yang rentan cacar monyet. Bayi baru lahir juga menjadi kelompok yang rentan terinfeksi lantaran penularan bisa terjadi pula melalui plasenta dari ibu ke janin atau kontak selama persalinan. (red)

Sumber : Suara.com

Komentar

News Feed