oleh

Al Haris Resmikan Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah

Thehok.id – Gubernur Jambi Al Haris secara langsung meresmikan Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi (Kampus I), Kamis, (7/7/2022).

Kegiatan ini dirangkai sekaligus bersamaan dengan momentum Milad ke III Universitas Muhammadiyah Jambi, serta Seminar Nasional oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Heidar Nashir.

Gubernur Jambi, Al Haris, menyampaikan apresiasi kepada UM Jambi karena di masa pandemi masih mampu mendidirkan gedung yang megah.

Baca juga : Al Haris : Tahun Depan Sudah Bisa Operasi Jantung di Jambi

“Dimasa pandemi semua terdampak, tapi karena ini untuk pendidikan kita bisa membangun gedung yang megah ini,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah tidak dapat dipisahkan dalam pengembangan pendidikan, kesehatan dan sosial lainnya untuk kesejahteraan umat.

“Kita bangga dan support, karena keberadaanya jelas mencerdaskan putra putri di Jambi ini, Kami siap bersama Muhammadiyah membangun Jambi ini, apalagi bidang pendidikan dan kesehatan,” ucapnya.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Al Haris Sidak Pasar Angso Duo Jambi

Ia berharap kolaborasi antara Muhammadiyah dengan Pemerintah kedepannya akan mampu membangkitkan Pendidikan, Kesehatan dan ekonomi indonesia.

“Saya kira gerakan ini adalah gerakan moral yang mencerdaskan harkat dan martabat masyarakat Provinsi Jambi,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Heidar Nashir menyampaikan bahwa pembangunan gedung UM Jambi ini sebagai penggambaran ada gerak dinamis dari seluruh daerah amal usaha dan komponen perserikatan untuk bangkit unggul berkemajuan.

“Saya bahagia karena tahu persis perkembangan Muhammadiyah dari fase ke fase, Alhamdulillah Muhammadiyah saat ini di Jambi perkembangannya sangat luar bisa dengan 4 kampusnya,” ucapnya.

Baca juga : Bedah Rumah Dumisake Sasar 550 Unit Rumah

Ia berpesan kepada UM Jambi dan seluruh Perguruan Tinggi dan amal usaha Muhammadiyah agar menjadi amal usaha untuk umat dan bangsa yang unggul berkemajuan.

“UM ini akan menjadi Universitas unggul berkemajuan tahap demi tahap, dimulai dari apa yang diletakan disini,” ujarnya.

lebih lanjut dikatakannya ada 5 aspek untuk menuju cita cita tersebut, yakni meletakan dasar al islam sebagai pondasi, Kedua sistem yang komprehensif, sistem yang bagus, sistem yang unggul, terpecaya, profesional terutama governance, Ketiga Tri darma Perguruan tinggi diperkuat, Keempat Peningkatan Sumberdaya Manusia, dan terakhir kolaborasi dengan pemerintah dan berbagai lembaga serta perusahaan.

“Pesan saya, kita sudah dalam jalur yang benar sebagai ormas keagaaman, kemasyarakatan yang punya kebebasan, punya gairah yang bergerak fokus pembinaan, keagamaan, kemasyarakatan, kebangsaan, membina akhlak membangun, mendidik anak bangsa agar bisa maju lewat pendidikan,” jelasnya.

Baca juga : Pemkot dan DPRD Kota Jambi Akan Tolak Izin Holywings

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Dr Nurdin menjelaskan dalam pembangunannya UM Jambi terdiri dari dua fakultas, Ekonomi dan Bisnis serta Sains dan Teknologi. Sementara itu untuk SDM UM Jambi telah memiliki 13 Doktor selama 3 tahun dan kedepan akan terus bertambah.

“Baru 25 dosen dari 75 dosen yang lanjut studi s3, ada dosen yang berkeinginan untuk lanjut s3, kita minta tolong gubernur membantu SDM dosen di UM Jambi ini,” ungkapnya.

Selain itu UM Jambi juga bencana melakukan pembangunan di kampus II di tanah seluas 4,5 hektar, dan saat ini sudah tebangun rusunawa 3 lantai dengan kapasitas 144 orang. (die)

Komentar

News Feed