Bedah Rumah Dumisake Sasar 550 Unit Rumah

Thehok.id – Program bedah rumah Dumisake tahun 2022 akan segera terealisasi dengan jumlah 550 unit rumah yang akan dibedah.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi merampungkan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) terkait dengan bedah rumah program daripada Dua Miliar Satu Kecamatan (DUMISAKE).

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi mengatakan pihaknya saat ini telah melakukan beberapa persiapan untuk program bedah rmah tersebut.

“Dan persiapan persiapan yang sudah kita lakukan, pertama melakukan survei dan izin identifikasi sudah terlaksana, kemudian melakukan kompilasi data dengan Dinas Sosial (Dinsos) sudah kita dilakukan,” kata Fauzi, Kamis (7/7/2022).

Baca juga : Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merah Tembus Rp 130 Ribu/Kg

Terkait petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya, Fauzi mengatakan akan sudah dibuat dan disepakati, meskipun dengan adanya beberapa perubahan.

“InsyaAllah besok pagi sudah bisa kita selesaikan dan sudah bisa saya tandatangani. Tadi ada beberapa tim untuk pembuatan juklak juknis, yaitu Tim Ahli Gubernur, dinas instansi terkait hadir dan sudah selesai,” ungkapnya.

Untuk penyaluran dana, saat ini masih dilakukan program seleksi bank.

”Sudah itu, kita akan melakukan verifikasi data, nanti akan dilakukan tim teknis, setelah itu baru nanti penetapan, terhadap masyarakat yang menerima program bedah rumah, itu hasil akhir gubernur, dan itu sudah kita bahas dan dirangkum dalam juklak juknis tadi,” tuturnya.

Baca juga : Al Haris : Tahun Depan Sudah Bisa Operasi Jantung di Jambi

Terkait dengan kendala yaitu adanya perubahan rekening yang sebelumnya masuk dalam bantuan sosial nanti dipindahkan ke rekening barang dan jasa atau hibah langsung kepada masyarakat penerima.

“Jadi masih ada dua tahap yang masih belum sebelum eksekusi, pertama verifikasi data, dan kedua SK Gubernur, selebihnya sudah oke,” jelasnya.

Fauzi menilai, jika dilihat dari beberapa tahapan yang sudah dilakukan oleh pihaknya, tentu dirinya meyakini bahwa beban tugas (program bedah rumah) yang di beban kepada PUPR Provinsi Jambi bisa diselesaikan dengan baik.

“PUPR sudah mendata sebanyak 5.500, by name, by address by koordinat calon penerima itu sudah,” tegasnya.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Al Haris Sidak Pasar Angso Duo Jambi

Untuk itu kata Fauzi, karena tahun ini PUPR dibebankan hanya 550 maka akan disinkronkan dengan data dari Dinsos yang mengacu kepada DTKS.”Ini sudah selesai, dari data ini, nanti kita akan lakukan verifikasi data, sudah dapat nama namanya, lalu kita naikkan ke Gubernur, untuk ditetapkan sebagai penerima,” harapnya.

Fauzi menegaskan bahwa persiapan program bedah rumah sudah ada progres, sehingga di APBD Perubahan 2022 sudah berjalan. “InsyaAllah akan terkejar, karena ini pemberdayaan masyarakat, (Total Anggaran-Red) Rp11 Miliar, setiap penerima bantuan itu sebesar Rp20 juta. Rp17,5 juta untuk material, Rp2,5 juta upah tukang,” pungkasnya. (die)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar