Ini Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Obati Gigi Berlubang

Thehok.id – Gigi berlubang bisa menyerang siapa saja. Pada kasus yang berat, untuk penanganan gigi berlubang diperlukan tindakan khusus dari dokter. Namun demikian ada eberapa kasus pada gigi berlubang yang bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan dari bahan alami.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gigi berlubang.

Garam

Ya, Anda bisa gunakan garam sebagai obat alami juga tradisional sakit gigi berlubang. Garam mengandung antiseptik dan antibakteri. Anda bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan serta nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri di mulut.

Bawang putih

Bawang putih dapat berfungsi sebagai antibakteri dan sangat direkomendasikan sebagai obat alami juga tradisional untuk sakit gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang dan membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat.

Baca juga : Tingkat Kesuburan di Indonesia Menurun, Bayi Tabung Jadi Alternatif

Licorice

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Terdapat senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Tak hanya itu, licorice sebagai obat alami juga tradisional juga dapat mengurangi plak pada gigi. Anda bisa menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Selain itu, Anda bisa menggunakan langsung batangnya yang lembut sebagai sikat gigi.

Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Manfaat yang bisa Anda peroleh berupa kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri.

Baca juga : Ini Tahap Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar, Jangan Kasih Pasta Gigi

Cara mengaplikasikannya dengan menghancurkan kunyit menjadi bubuk, atau Anda bisa mencari bubuk kunyit di toko. Biarkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat.

Cengkeh

Bersifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri membuat cengkeh menjadi salah satu bahan yang penting untuk mengatasi masalah gigi. Tak hanya itu, cengkeh sebagai obat sakit gigi alami juga tradisional juga mampu mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran gigi berlubang.

Lidah buaya

Biasanya, lidah buaya digunakan sebagai perawatan kulit wajah juga rambut. Hal ini dikarenakan manfaatnya untuk menenangkan juga mampu menebalkan rambut.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat alami juga tradisional sakit gigi berlubang.

Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2015, gel lidah buaya diklaim dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Namun, masih berlangsung penelitian lebih lanjut apakah lidah uaya dapat membantu meremineralisasi email pada gigi.

Oil pulling

Oil pulling merupakan teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayuverdic – berasal dari budaya India – ini telah digunakan berabad lalu. Manfaat yang ditawarkan dari obat alami sakit gigi berlubang ini berupa oral detoksifikasi. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun. (red)

Sumber : suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV7.

-----

Komentar