oleh

Bahaya! Ini Dampak Soda Diet Bagi Tubuh

Thehok.id – Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan bagi abnyak orang, khususnya wanita. Salah satu cara yang dilakukan untuk memiliki tubuh ideal sesuai keinginan adalah dengan diet. Ada banyak cara diet yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minuman yang biasa dikenal dengan sebutan soda diet.

Namun, meskipun telah diberi label ‘diet’ untuk menandakan seolah-olah produk tersebut aman dikonsumsi oleh orang yang sedang program menurunkan berat badan, namun minuman tersebut tetap mengandung pemanis gula yang tidak baik bagi tubuh, khususnya yang sedang diet.

Seorang apoteker asal Inggris, Niraj Naik mengungkapkan berbagai efek negatif akibat mengonsumsi soda diet. Ia mengatakan kalau dampak negatifnya bagi tubuh mulai terjadi sejak 10 menit pertama pasca diminum.

Baca juga : BPOM AS Nyatakan Vaksin Pfizer Aman Untuk Balita

Berbagai penelitian kesehatan juga telah membuktikan bahwa konsumsi minuman dengan pemanis buatan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Lebih lanjut, satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Atherosclerosis Reports memperingatkan bahwa minuman dengan pemanis buatan juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2.

Naik mengungkapkan ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh mulai dari 10 menit pertama hingga 1 jam pasca mengonsumsi soda diet.

Baca juga : Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur Batal

10 menit

Baru 10 menit menenggak soda diet, email gigi akan terkikis. Naik menjelaskan bahwa hal itu terjadi akibat kandungan asam fosfat yang menyerang email gigi. Sedangkan pemanis buatan, seperti aspartam menyerang sistem pertahanan gigi. Aspartam dapat memicu reseptor rasa dan mengelabui tubuh untuk berpikir bahwa tubuh baru saja memproses gula.

20 menit

Setelah 20 menit, tubuh akan langsung beralih ke mode penyimpanan lemak. Efeknya bahkan sama dengan soda biasa yang juga dapat memicu insulin. Sehingga tubuh langsung berinisiatif untuk mengubah gula dalam soda menjadi lemak. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed