Masuk THE Impact Rangkings 2022,UIN Sultan Thaha Saifuddin Targetkan Rangking Lebih Tinggi

Thehok.id – UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2022. THE Impact Rankings adalah sebuah lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas–universitas di dunia berdasarkan kontribusi universitas terhadap 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang berpusat di London.

“Secara keseluruhan dari 17 indikator yang diukur, di tingkat Internasional UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memperoleh ranking 1001+. Di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di bawah Kementerian Agama, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pertama kali dan satu-satunya universitas yang memperoleh Ranking THE Impact Rankings tahun 2022. Sedangkan ditingkat nasional, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berada pada peringkat 20 bersama 9 universitas lainnya versi THE Impact Rankings,” kata Rektor UIN STS Jambi Su’aidi Asy’ari, Kamis (28/4/2022).

Sebelumnya, Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan atau Center for SDGs Studies yang dibentuk oleh Rektor UIN STS Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi Asy’ari, MA., Ph.D dan di bawah koordinasi Wakil Rektor I Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.EI., bersama tim penyusun dokumen THE Impact Rankings telah berhasil submit pada tanggal 11 November 2021.

Jumlah item atau matrik yang disubmit dalam portal THE Impact Rankings mencapai kurang lebih 300 item penilaian dan data yang disyaratkan oleh pihak penyelenggara adalah tahun 2019-2020, tidak diperbolehkan menginput data tahun 2021 karena kondisi universitas yang lockdown akibat pandemi covid-19.

“Pencapaian Peringkat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sangat dahsyat mengingat perubahan dari IAIN ke UIN baru berumur 4 tahun-an sejak tahun 2017. Perubahan menjadi UIN sangat berarti dalam pengukuran nilai karena melibatkan banyak aspek sains, teknologi, lingkungan, dan budaya,” Su’aidi Asy’ari.

Menurutnya, masuknya UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi akan memberikan dampak yang positif seperti halnya UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi akan semakin dikenal oleh masyarakat global, mempermudah menjalin kerjasama dengan kampus-kampus terbaik dunia, menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, indah dan asri di lingkungan kampus, serta meningkatkan kolaborasi program dengan pemerintah daerah dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Langkah berikutnya, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi akan terus menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan berbagai pihak untuk mendukung ketercapaian program-program yang di ukur dalam THE Impact Rankings, serta akan mentargetkan ranking yang lebih tinggi lagi yakni THE World University Rankings yang lebih tinggi lagi seperti World University Ranking yang memasukkan volume publikasi minimum sebagai bagian dari kriteria kelayakan. (red)

Sumber : ampar.id

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar