Diungkap Gubernur Al Haris, Gini Ratio Provinsi Jambi Tertinggi di Sumatera

Jambi, Thehok.id – Hadir di acara Bank Jambi, Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan jika Gini Ratio Provinsi Jambi merupakan yanv tertinggi di Sumatera. Gini Ratio adalah ukuran statistik kesenjangan ekonomi dalam suatu populasi.

Koefisien ini untuk mengukur
penyebaran pendapatan atau distribusi kekayaan di antara anggota suatu populasi. Gini Ratio atau koefisien adalah alat mengukur derajat ketidakmerataan distribusi penduduk.

“Gini Ratio kita tertinggi di Sumatera. Tak sesuai dengan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi Jambi,” katanya saat menghadiriacara Outlook Perekonomian Jambi 2024 yang digelar BI Jambi di salah satu hotel di Kota Jambi, Senin (22/1/2024).

Diungkapkan Al Haris, pertumbuhan ekonomi Jambi melaju cukup tinggi. Tapi sayang tak berbanding lurus dengan penurunan angka kemiskinan di Provinsi Jambi.

“Angka kemiskinan kita tinggi. Ketimpangannya cukup tinggi. Yang kaya tambah kaya, yang miskin tambah susah,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, Al Haris langsung mempertanyakan kondisi ini kepada pemangku kebijakan di BI. Sebab laju pertumbuhan ekonomi Jambi tak berbanding lurus dengan penurunan angka kemiskinan.

“Apakah ini pengaruh BLT yang sudah sering diberikan kepada warga sehingga warga Jambi bergantung dengan itu. Ini mungkin, hanya berdasarkan pemikiran saya. Masyarakat walau punya uang, ada motor ngaku tak punya agar dapat bantuan,” sebutnya.

Persoalan ini, menurut dia menjadi pekerjaan bersama untuk dicari solusinya. Dia mengajak pihak terkait untuk bersama memecahkan persoalan ini sehingga ekonomi masyarakat Jambi kian membaik.

“Makanya untuk ekonom Jambi ini menjadi pikiran kita. Kenapa tak berbanding baik antara pertumbuhan ekonomi dan gini ratio kita. Ketimpangan terjadi cukup tinggi di masyarakat. Ini PR kita. Salahnya dimana. Kita berharap 2024 ekonomi Jambi tumbuh, kalau bisa melebihi angka 5.  Gini Ratio juga harus berubah,” tandasnya. (lis)

Komentar