Kenali Jenis Jerawat dan Penyebabnya

Thehok.id – Jerawat kondisi kulit yang umum terjadi karena folikel rambut tersumbat. Jerawat juga menjadi salah satu penyebab rasa percaya diri seseorang menurun, sehingga melakukan berbagai perawatan  untuk mengatasi jerawat.

Jenis-jenis jerawat dan penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Jerawat biasa atau Comedonal acne
Jerawat ini muncul sebagai titik kecil atau bintik-bintik putih atau hitam di kulit. Jerawat ini terjadi karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit yang mati atau bakteri.

2. Jerawat pustula atau inflammatory acne
Jerawat pustula ini bisa berupa jerawat merah dan berisi nanah. Hal ini terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat dan terinfeksi akibat bakteri. Pada saat pori-pori kulit tersumbat dan terinfeksi, sistem kekebalan tubuh akan melawan bakteri yang menyebabkan peradangan dan munculnya jerawat pustula.

3. Jerawat nodulocystic atau cystic acne
Jerawat jenis ini berkumpul dalam kelompok dan terlihat seperti benjolan yang besar berwarna merah. Jerawat nodulocystic biasanya terjadi karena peradangan yang membuat pori-pori kulit terisi darah dan cairan. Jerawat jenis ini bisa menyebar lebih luas dan menyebabkan rasa sakit.

4. Jerawat hormonal
Jerawat hormonal terutama terjadi pada wanita selama periode menstruasi, kehamilan, atau menopause. Terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan kelenjar sebum menghasilkan lebih banyak minyak. Hormon testosteron juga bisa menjadi penyebab jerawat hormonal pada wanita.

5. Jerawat karena kosmetik
Beberapa bahan yang terkandung dalam produk kosmetik dapat memicu kemunculan jerawat pada kulit. Jerawat akibat kosmetik terjadi ketika langkah pembersihan, termasuk menghapus riasan, tidak dilakukan dengan benar atau tidak mencukupi.

6. Jerawat karena stres
Stres berlebihan dapat membuat tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang merangsang kelenjar minyak di kulit, sehingga memicu kemunculan jerawat.

7. Jerawat karena makanan
Konsumsi makanan yang digoreng, berlemak, atau banyak mengandung gula dapat memicu jerawat. Hal ini karena makanan tersebut memicu terjadinya peradangan dalam tubuh dan meningkatkan produksi minyak pada kulit.

8. Jerawat karena genetik
Keturunan dan faktor genetik juga menjadi salah satu faktor yang memicu kemunculan jerawat. Jika ada anggota keluarga yang sering mengalami jerawat, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama. (*)

Komentar