Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Makanan Ini

Thehok.id – Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga berasal dari makanan hewani. Ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol:

1. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, makarel, tuna: Mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Alpukat: Mengandung lemak baik (monounsaturated fat) yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah: Mengandung lemak baik dan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

4. Oatmeal: Mengandung serat larut yang dapat menyerap kolesterol dan membawa mereka keluar dari tubuh.

5. Buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk: Mengandung serat larut dan fitokimia yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

6. Bawang putih: Mengandung senyawa allicin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

7. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale: Mengandung serat larut dan sterol tumbuhan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

8. Teh hijau: Mengandung antioksidan, polifenol, dan katekin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

9. Kacang kedelai dan produk olahannya seperti tempe dan tahu: Mengandung protein nabati yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

10. Minyak zaitun: Mengandung lemak baik dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Namun, penting untuk diingat untuk mengonsumsi makanan ini sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan dan menghindari makanan tinggi kolesterol jahat dan lemak jenuh. Dianjurkan juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah pola makan atau membuat diet khusus untuk menurunkan kolesterol. (*)

Komentar

News Feed