Ini Dampak Diet Keto Bagi Kesehatan

Thehok.id – Diet keto adalah salah satu jenis diet rendah karbohidrat tinggi lemak yang fokus pada konsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat untuk menginduksi kondisi tubuh yang disebut ketosis. Saat tubuh masuk ke dalam kondisi ketosis, tubuh membakar lemak sebagai bahan bakar utama, bukan karbohidrat.

Beberapa manfaat dari diet keto adalah penurunan berat badan, meningkatkan kadar HDL (kolesterol ‘baik’), menurunkan kadar gula darah, dan dapat membantu mengendalikan epilepsi pada anak-anak.

Namun, diet keto juga memiliki beberapa dampak negatif terhadap kesehatan, antara lain:

1. Risiko dehidrasi: Diet keto dicapai dengan mengurangi asupan karbohidrat, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan air dan elektrolit esensial, terutama pada awalnya.

2. Kekurangan nutrisi: Diet keto yang ekstrem dapat menyebabkan kekurangan nutrisi karena menghilangkan banyak makanan kaya vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

3. Konstipasi: Asupan serat yang rendah dalam diet keto dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi.

4. Kolesterol tinggi: Diet keto sering mengandung banyak lemak jenuh, yang dapat memicu peningkatan kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh.

5. Resiko jangka panjang: Efek jangka panjang dari diet keto masih belum banyak diteliti dan perlu penelitian lebih lanjut tentang dampak pemakaian diet keto selama jangka panjang pada kesehatan manusia.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan diet keto, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memeriksa kemungkinan dampak negatif terhadap kondisi kesehatan yang dimiliki. (*)

Komentar