Kisah Mengharukan Tiko, Remaja yang Urus Ibu Kandung ODGJ Selama 12 Tahun

Thehok.id – Tiko, seorang remaja yang belakangan ini sedang viral di media sosial. Pengabdiannya kepada sang ibu membuat banyak orang terharu. Tiko mengurus ibu kandungnya yang menderita ODGJ seorang diri setelah sang ayah pergi meninggalkan mereka.

Kisah remaja ini pertama kali diunggah oleh akun YouTube Bang Brew TV. Kemudian videonya viral di media sosial, serta menuai banyak komentar warganet.

Diketahui ibu Tiko tersebut bernama Eny. Mereka selama ini tinggal di sebuah rumah yang terbengkalai di Jakarta Timur. Rumah tersebut tidak dialiri listrik dan dipenuhi oleh daun kering. Untuk air bersih, mereka hanya mengandalkan air hujan atau meminta ke tetangga.

Dalam video di akun YouTube Bang brew TV, selain merawat sang ibu, Tiko juga bekerja sebagai penjaga kompleks untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Ibu Eny mengalami gangguan jiwa sejak Tiko berusia 11 tahun. Menurut Tiko, sang ibu mengalami gangguan jiwa setelah bercerai dengan ayahnya pada tahun 2010 lalu.

Kendati sulit, Tiko tetap mengurus ibunya. Tiko bercerita, sang ibu sering tiba-tiba marah.

“Pada tahun 2013, semenjak papa pergi, ibu kurang sehat kejiwaannya, jadi ibu suka marah-marah sendiri, ngomong sendiri. Ya pokoknya dibilang ODGJ lah, cuman tetep saya urus,” ujar Tiko dikutip Pikiran-Rakyat.com melalui YouTube Bang brew TV.

Tiko juga bercerita, hingga saat ini, dia tidak mengetahui keberadaan sang ayah setelah bercerai dengan sang Ibu.

Dia mengatakan, terakhir bertemu sang ayah ketika masih kecil. Sang Ayah sempat mendatangi dirinya setelah bercerai dengan ibunya.

Baca selengkapnya disini

Komentar