Kasus HIV/AIDS di Batanghari Meningkat Dalam 3 Tahun Terakhir

Thehok.id – Berdasarkan data Dinas Kesehatan, jumlah pasien penderita HIV/AIDS di Kabupaten Batanghari mengalami peningkatan yang signifikan.

Dinkes Batanghari menerangkan bahwa saat ini tercatat 53 pasien kasus HIV/AIDS. Jumlah ini mengalami peningkatan sejak 3 tahun terkahir yang hanya 24 kasus.

“Iya, jika kita bandingkan dengan angka tiga tahun sebelumnya berjumlah 24 kasus, tentunya mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” ungkap Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Nurjali, Selasa (17/1/2023).

Baca juga : Dinsosdukcapil Catat Ada 16.163 Penyandang Disabiltas di Jambi

Dikatakan Nurjali, dengan tingginya penyebaran HIV Aids di Bumi Serentak Bak Regam, pihaknya melakukan antisipasi dengan cara survei dan mengambil sampel terakhir yang diambil 60 responden di lapas kelas 2b muara Bulian yang sampai saat ini masih menunggu hasil sampel tersebut.

“Sampel terakhir kita ambil di lapas muara Bulian, dengan jumlah responden sebanyak 60 sampel, namun kita masih menunggu hasilnya ” ujarnya.

Disebutkan Nurjali, untuk penyebaran awal hingga saat ini belum diketahui secara pasti dari mana penderita HIV Aids mendapatkan penyakit tersebut.

“Kemuningkinan para penderita ini, terjangkit dari luar daerah. Mereka semua saat ini dalam pantauan kita,” tuturnya.

Diteruskan Nurjali, penyebab penyebaran HIV Aids ini biasanya penderita sering bertukar pasangan hubungan sex.

“Selain itu, juga disebabkan oleh penggunaan narkoba dengan satu jarum suntik. Untuk penyebab satu ini sangat rentan terserang virus HIV Aids,” katanya. (red)

Sumber : batanghari.jambiseru.com

Komentar

News Feed