Waspada 4 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Penuaan Dini Pada Kulit

Thehok.id – Penuaan dini merupakan salah satu hal yang ditakutkan bagi kaum wanita. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi pemicu munculnya garis halus pada wajah sebagai tanda penuaan dini.

Menurut Dr Shruti Saini, ahli kecantikan dan pendiri Smiles For Miles, Delhi, kebiasaan yang kerap dilakukan juga bisa berkontribusi dalam munculnya keriput.

“Kebiasaan lain seperti melewatkan pelembab dan tabir surya , merokok, pengelupasan kulit yang berlebihan dan mencucinya secara berlebihan, kekurangan vitamin dan mineral, tidur dengan posisi yang tidak tepat atau kurang tidur juga menjadi faktor penyebabnya,” katanya.

Berikut secara rinci empat poin penting, yang mungkin menjadi penyebab di balik penuaan dini menurut Dr Shruti.

1. Tidak memakai pelembap

Area mata lebih rentan terhadap kerutan karena tidak memiliki kelenjar minyak, yang dapat menyebabkan kekeringan lebih sering. Karenanya berinvestasi pada pelembap atau krim mata yang berkualitas bisa membantu mengurangi tampilan kerutan.

Disarankan memilih produk yang mengandung retinoid, peptida, dan turunan vitamin A, sebab dapat merangsang produksi kolagen.

2. Terpapar sinar matahari berlebihan

Terus-menerus terpapar sinar matahari membuat kulit menumpuk kerusakan yang berujung pada munculnya tanda-tanda penuaan yang terlihat. “Jika Anda ingin menghindari kerutan dan garis-garis halus akibat penuaan foto, selalu kenakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, yang memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB,” jelas Dr Shruti.

3. Merokok

Dokter mengatakan merokok secara langsung dapat mempengaruhi kualitas kulit dan menyebabkan kerutan dini. Ini karena merokok meningkatkan produksi radikal bebas.

“Tanda-tanda merokok seperti ‘kaki gagak’ di sekitar mata dan kelopak mata yang terkulai sering terlihat,” ujar Dr Shruti.

4. Kurang nutrisi

Menjaga pola makan nyatanya penting untuk meminimalisir tampilan kerutan dini. Seseorang harus minum setidaknya 2-3 liter air setiap hari untuk membalikkan kerutan. Banyak penelitian menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C karena membantu produksi kolagen dan juga melawan radikal bebas.

“Diet rendah gula dan karbohidrat olahan dapat membantu kulit terlihat lebih muda,” tambahnya. (red)

Sumber : suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar

News Feed