Siapa-Siap Tes PPPK, Ini Bocoran Soalnya

Thehok.id – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK akan segera digelar pada akhir Oktober 2022 ini. Peserta yang akan mengikuti seleksi ini adalah seluruh tenaga honorer yang telah terdaftar.

Untuk seleksi PPPK tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan soal yang akan diujikan pada peserta. BKN juga telah memberikan sedikit bocoran mengenai soal untuk seleksi PPPK 2022.

Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, pelaksanaan ujian untuk seleksi nantinya tetap akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Mengenai soal ujian PPPK 2022, dikatakan bahwa keseluruhan ada 4.750 soal untuk Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Adapun dari total soal SKD itu, terdiri atas 4.075 soal seleksi kompetensi PPPK, sebanyak 2.125 soal manajerial, sebanyak 1.700 soal sosial kultural, dan sebanyak 250 soal wawancara.

Suherman juga menyampaikan bahwa jumlah soal sebanyak 145, dengan maksimal nilai 690. Berikut ini adalah rincian substansi soal, jumlah soal, dan maksimal nilai:

1. Seleksi kompetensi teknis jumlah soal 90 maksimal nilai adalah 450

2. Seleksi kompetensi manajerial jumlah soal 25 maksimal nilai adalah 200

3. Seleksi kompetensi sosial kultural jumlah soal 20 maksimal nilai adalah 200

4. Wawancara jumlah soal 10 maksimal nilai adalah 40.

Merujuk pada seleksi CASN 2021 lalu, alur seleksi PPPK bagi peserta yang dinyatakan lulus pada tahap seleksi administrasi adalah mengikuti ujian kompetensi berbasis CAT. Adapun materi ujian seleksi kompetensi PPPK 2021 terdiri dari empat macam, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Seleksi kompetensi teknis

2. Manajerial

3. Sosial kultural

4. Wawancara.

Tips Menjawab Soal Rekrutmen PPPK 2022

Seleksi kompetensi manajerial dilakukan untuk melihat kemampuan melakukan satu manajemen, di mana bobot penilaian antara maksimal 4, tidak menjawab 0. Kalau kecenderungan peserta sangat baik, maka akan mendapatkan nilai 4. Sedangkan kalau jauh dari ekspektasi nilai 1, dan kalau tidak menjawab maka tidak mendapat nilai. Maka dari itu, sangat disarankan agar para peserta seleksi PPPK menjawab pertanyaan meskipun tidak paham.

Begitu juga untuk seleksi kompetensi sosial kultural, substansi materi tes ini untuk mendapat gambaran mengenai sosok pelamar, apakah ia adalah orang yang mampu beradaptasi dengan masyarakat. Sebab, seorang ASN adalah pelayan masyarakat, yang juga harus mampu beradaptasi dengan masyarakat. Jadi, disarankan para peserta tes menjawab setiap soal agar minimal mendapatkan nilai 1, bukan nol.

Demikianlah ulasan singkat mengenai bocoran soal rekrutmen PPPK 2022 sebagaimana dilansir dari pernyataan Suherman, selaku Deputi Bidang Sistem Kepegawaian BKN yang menjadi pembicara dalam kegiatan Sosialisasi Kebijakan dan Pelaksanaan Pengadaan PPPK Tahun 2022.

Kegiatan tersebut digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN-RB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada hari Kamis (27/10/2022) dan disiarkan secara langsung melalui akun Youtube KemenPAN-RB. (red)

Sumber : jambiseru.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar