Pasca Tragedi Kanjuruhan, Anggota Polres Malang Cek Kejiwaan

Thehok.id – Tim Mabes Polri menurnkan tim untuk megecek ulang kejiwaan anggota Polres Malang usai Tragedi Kanjuruhan Malang pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Kamis sore (27/10/2022), Staf Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SSDM) mengunjungi Stadion Kanjuruhan.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, mengatakan tim SSDM Polri ini datang untuk melihat langsung serta menggali data dan informasi terkait tragedi Kanjuruhan.

Ia juga mengatakan, kedatangan tim SSDM untuk mengecek kondisi personel Polres Malang paska-pengamanan pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya, yang berujung kerusuhan.

“Personel SSDM itu di antaranya melakukan wawancara serta meminta jajaran Polres Malang mengisi kuisioner seputar materi psikologi,” ungkap Kholis.

Hasil pengecekan itu, kata Kholis, nantinya akan menjadi rekomendasi baik kepada Kapolri maupun kepada Kapolres Malang ketika menangani tragedi kemanusiaan.

Baca juga : Viral Detik-Detik Terbakarnya Pesawat Lion Air JT 330

“Jadi hasil pengecekan ini nantinya akan menjadi evaluasi Polri apabila melakukan penanganan tragaedi kemanusiaan semacam ini,” tegasnya.

Kholis menegaskan, bahwa beberapa anggota Polres Malang yang melakukan pengamanan pertandingan Arema FC versus Persebaya Surabaya beberapa waktu lalu, hingga kini masih mengalami trauma ringan.

“Ada yang masih trauma ya, tidak banyak, tapi beberapa anggota mengalami trauma. Seperti rasa khawatir berlebihan,” tuturnya.

Baca juga : Diduga Sebabkan Kanker, 19 Produk Sampo Unilever Ditarik Dari Pasaran

Untuk menangani hal itu, Polres Malang memberikan pendampingan trauma healing intensif kepada beberapa anggota Polres Malang yang mengalami trauma tersebut.

“Semoga dengan pendampingan ini, kondisi psikologis anggota membaik. Sebab, kita dituntut untuk terus bekerja melayani masyarakat,” katanya menambahkan. (red)

Sumber : suara.com

Komentar