Buaya 1,5 Meter di Tangkap Warga Batanghari

Thehok.id – Seekor buaya sepanjang 1,5 meter ditangkap warga Batanghari. Fahri warga Desa Sungau Baung, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari menangkap buaya tersebut pada Kamis (27/10/2022) dini hari, sekitar pukul 00.00 WIB karena tidur diperahu miliknya.

Awalnya, ia hendak melihat perahunya yang diletakkan di tepi Sungai. Namun saat memeriksa perahu, ia dikejutkan dengan seekor buaya yang tidur di atas perahunya.

“Iya, saat saya membongkar lantai perahu getek ada buaya di situ. Panjangnya kurang lebih satu setengah meter,” kata Fahri.

Disebutkan Fahri, setelah melihat ada buaya di perahu geteknya, dirinya langsung berusaha menangkap buaya tersebut dengan tali.

“Pertama matanya sayo tutup terlebih dahulu dengan kain, kemudian mulutnya serta kakinya sayo ikat dengan tali,” tuturnya.

Diteruskan Fahri, buaya tersebut akan diserahkan kepada pemerintah.

“Akan kita serahkan, karena tidak mungkin untuk dipelihara. Kita tidak sanggup

memeliharanya,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Baung Ridwan Suib, mengatakan, saat ini pihaknya sudah menghubungi BKSDA terkait penemuan buaya tersebut.

“Karena ini termasuk hewan yang dilindungi, maka kita akan menyerahkan kepada pihak BKSDA,” kata Kades Sungai Baung, Ridwan Suib.

Disebutkan Ridwan, selain berkoordinasi dengan BKSDA pihaknya selaku pemerintahan desa juga berkoordinasi dengan polres batanghari.

“Sudah kita koordinasikan, saat ini buaya ada di tempat warga yang menemukannya pertama kali,” sebutnya.

Dilanjutkan Ridwan, pihaknya mengimbau masyarakat agar menjaga anak-anaknya supaya tidak bermain di pinggiran sungai batanghari. Mengingat debit sungai Batanghari meningkat dan adanya buaya yang berkeliaran di pinggiran sungai.

“Khususnya orang tua yang punya anak kecil, untuk lebih memprihatikan anak-anaknya. Karena buaya suka bermain di pinggiran sungai batanghari,” ujarnya. (red)

Sumber : jambiseru.com

Komentar