oleh

Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth I Dihadiri 2.000 Pelayat

Thehok.id – Sekitar 2.000 pelayat hadir pada upacara pemakaman Ratu Elizabeth II telah dimulai di Westminster Abbey, London, Senin (19/9/2022).

Laporan dari BBC menyebutkan ibadah untuk pemakaman sang ratu dipimpin oleh Pejabat Tinggi Gereja Westminster, dengan khotbah dari Uskup Agung Canterbury.

Sementara Raja Charles III memimpin prosesi dengan berjalan di belakang peti mati ibunya saat dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey. Peti mati Ratu Elizabeth dibawa melewati Parliament Square dengan jarak sekitar 250 meter.

Iring-iringan lainnya terlihat adik-adik Raja Charles berjalan berdampingan. Sedangkan Pangeran William dan Pangeran Harry nampak berjalan di belakang ayah mereka.

Baca juga : 52,2 Persen Masyarakat Setuju Jika Subsidi BBM Hanya Untuk Sepeda Motor dan Angkutan Umum

Dari antara tamu yang hadir, nampak Presiden AS Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, serta ada juga enam mantan perdana menteri Inggris yang turut hadir.

Mantan perdana menteri Inggris yang hadir adalah Theresa May, Tony Blair, David Cameron, Gordon Brown, John Major, dan Boris Johnson.

Terlihat hadir juga banyak keluarga kerajaan Eropa, termasuk Belgia, Belanda, Spanyol, dan Denmark. Selain itu, Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako juga datang ke upacara pemakaman Ratu Elizabeth II.

Jutaan orang di Inggris juga menyaksikan pemakaman ratu melalui layar kaca, sementara sebagian tempat kerja ditutup, termasuk bank.

Baca juga : Tuntut 5 Hal, Mahasiswa UIN Unjuk Rasa di Depan Kampus

Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II diisi dengan musik gereja tradisional dan pembacaan Alkitab. Pada menjelang akhir, Last Post akan dimainkan sebelum mengheningkan cipta nasional selama dua menit.

Setelah ibadah di gereja, peti mati sang ratu akan ditarik dalam prosesi jalan kaki dari Westminster Abbey di Hyde Park Corner, ke jalan dekat Big Ben. Kemudian salut senjata akan ditembakkan setiap menit selama prosesi iring-iringan.

Warga dapat menyaksikan secara langsung dari pinggir jalan di sepanjang rute. Peti jenazah Ratu Elizabeth II diperkirakan sampai ke Wellington Arch sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Peti akan dipindahkan ke State Hearse untuk perjalanan terakhirnya di Kastil Windsor. Di sana, peti mati sang ratu akan berada di Kapel St George untuk prosesi ibadah dengan jemaat yang lebih kecil.

Sekitar 800 tamu akan mengikut ibadah tersebut. Pada upacara pemakaman keluarga itu, kemudian Ratu Elizabeth II akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed