oleh

Mendag Zulkifli Hasan : Minggu Depan Harga TBS Diatas 2 Ribu/Kg

Thehok.id – Terkait harga TBS kelapa sawit yang saat ini masih rendah, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah berupaya unutk meningkatkan harga TBS diatas Rp 2000 per kilogram.

Zulkifli Hasan menjelaskan salah satu skema pemerintah untuk menaikkan harga TBS diatas Rp 2000 per kg adalah pemerintah sudah tidak melakukan pungutan ekspor dan frekuensi harga per satu bulan.

“Kita sudah tidak pungutan ekspor 200 dolar artinya harga sawit perkilo pemerintah sudah ngasih 600 rupiah, jadi kemaren kalau harga Rp 1200 tambah Rp 600 jadi Rp 1800. Kemarin saya sudah tandatangan diharganya itu frekuensinya harus sebulan selama ini dua minggu,” ujarnya saat melakukan kunjungan ke Pasar Angso Duo Jambi, Selasa (2/8/2022).

Baca juga : BMKG Jambi : Waspada Hujan Lebat Disertai Petir Diawal Agustus

“Kemaren biaya keluarnya 288 sekarang sekarang cuma 50 dolar lebih, jadi sudah ada lagi 230 dolar, artinya 640 rupiah sehingga Rp 1800 ditambah 640 rupiah harusnya harga TBS sekarang Rp 2440 rupiah. Saat ini masih diundangkan, Minggu depan harga diatas Rp 2000 kalau ngak boleh protes, harus Rp 2000 ketas, kalau ngak komplain, lapor Gubernur,” sebutnya lagi.

Zulkifli Hasan menyebutkan bagi pengusaha yang tidak patuh sanksinya akan dikenakan pajak lagi. Namun Zulkilfi Hasan yakin pengusaha akan patuh dengan kebijakan tersebut.

“Kita kenakan pajak lagi kalau yang tidak patuh, tapi ini saya yakin akan patuh pengusaha kita. Ini kalau tidak patuh susah lagi seperti dulu, pemerintah susah, petani susah, rakyat susah kan kita tidak mau, maunya pengusaha bagus, rakyat senang minyak goreng ada petani senang,” katanya.

Baca juga : Kunjungan Kerja ke Jambi, Menteri Perdagangan RI Pantau Harga Sembako dan Komoditas

Zulkifli Hasan mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang berpaya agar harga TBS bisa segera naik hingga diatas Rp 2000.

“Kita berupaya keras atau Minggu depan harga TBS harus Rp 2000 ketas. Kebijakan saya atas perintah bapak presiden harga sawit TBS harus diatas Rp 2000,” sebut Zulkifli Hasan. (die)

Komentar

News Feed