oleh

BBPOM : Hati-hati Saat Beli Produk Online

Thehok.id – Saat ini belanja online sedang digandrungi masyarakat. Selain lebih mudah karena bisa dilakukan kapan dan dimana saja, harganya pun terkadang juga lebih murah.

BBPOM Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengingatkan agar masyarakat lebih cermat dalam memilih produk online, bak itu makanan, obat-obatan maupun kosmetik. Jangan sampai tergiur harga murah jadi mengkonsumsi produk yang tidak aman yang berdampak buruk bagi kesehatan.

“Kami tetap mengingatkan kepada masyarakat Sumbar agar tetap berhati-hati ketika membeli produk pangan, obat-obatan, atau kosmetik secara online, jangan sampai mengonsumsi produk yang tidak aman,” kata BBPOM Padang Abdul Rahim, Rabu (24/8/2022).

Pihaknya memberikan tips kepada masyarakat sebagai konsumen untuk memeriksa keamanan produk lewat slogan Cek KLIK yakni cek Kemasan, cek Label, cek Izin edar dan cek tanggal kadaluwarsa.

Baca juga : Pemerintah Buka Program Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMK

“Masyarakat sebagai konsumen juga dapat menggunakan aplikasi BPOM mobile atau laman (website) untuk memastikan legalitas produk obat dan makanan,” katanya.

Pihaknya meminta masyarakat agar tidak mengonsumsi produk yang tidak jelas standar keamanan dan mutunya, serta tidak memiliki izin edar.

Abdul Rahim juga menegaskan bahwa pihak BBPOM Padang terus melaksanakan pengawasan rutin terhadap sarana produksi serta distribusi.

“Kami turun setiap minggu dengan mendatangi sarana produksi serta distribusi untuk melakukan pengawasan obat-obatan, pangan, serta kosmetik,” katanya.

Terhadap produk yang memiliki izin edar, katanya, dilakukan pengambilan sampel untuk diperiksa oleh petugas BBPOM Padang.

Baca juga :  Pamer Penghasilan di Medsos? Perhatikan Dampaknya

Para pelaku usaha diingatkan agar tidak melakukan praktik-praktik curang dalam kegiatan usaha seperti menggunakan bahan berbahaya dan terlarang demi meraup keuntungan.

Terhadap para pelanggar akan dikenakan sanksi mulai dari administrasi, pencabutan izin, hingga hukuman pidana. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed