oleh

Ini Cara Meredakan Rasa Pedas di Lidah

Thehok.id – Kamu suka mengkonsumsi makanan pedas? Mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk meredakan sensasi pedas dari makanan yang kamu konsumsi.

Ada beberapa cara untuk meredakan rasa pedas di mulutmu meskipun kamu sangat menyukai makanan yang pedas.

Dilansir dari situs Medical Daily, inilah 5 hal yang harus kamu lakukan, diantaranya:

1. Minum segelas susu

Protein dalam susu yang disebut kasein dapat membantu meredakan rasa pedas pada mulutmu. Kasein tersebut dapat membantu menghilangkan sensasi pedas akibat capsaicin pada cabai.

2. Mengonsumsi gula putih atau madu

Gula pun dapat menghilangkan rasa pedas juga, lho! Cukup ambil satu sendok teh gula lalu makan perlahan. Gula dapat menyerap rasa pedas serta mengganti rasa pada lidahmu menjadi manis. Namun jika tidak ada gula, kamu pun dapat menggantinya dengan mengonsumsi madu.

3. Mengonsumsi cokelat

Jika di sekitarmu hanya ada sebatang cokelat, kamu bisa segera memakannya ketika kamu merasa pedas di lidahmu. Hal tersebut karena di dalam cokelat terdapat kandungan lemak yang tinggi sehingga capsaicin dari cabai pun dapat larut dengan cepat dan rasa pedas pun akan reda.

4. Mengonsumsi roti tawar

Ternyata, roti tawar pun dapat menetralkan rasa pedas pada mulutmu, lho! Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika merasa pedas. Cukup kunyah selembar roti tawar, maka rasa pedas pun perlahan akan menghilang.

5. Minum air hangat

Minum dengan air yang dingin justru tidak ada efek untuk menghilangkan rasa pedas pada mulutmu. Cobalah minum beberapa teguk air hangat meskipun di awal kamu akan merasakan rasa pedas dan panas bercampur di mulutmu. Tetapi itu hanya sebentar saja, ko!

6. Makan nasi

Nah, cara yang terakhir yaitu mengunyah nasi. Kunyahlah gumpalan nasi saat rasa pedas menyerang sampai rasa pedas yang ada dalam mulutmu mereda.

Cukup mudah bukan cara-cara di atas? Jadi tidak perlu takut lagi deh jika tiba-tiba kamu kepedasan. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed