Alami Masalah Kesehatan, Ratusan Jamah Haji Indonesia Jalani Safari Wukuf

Thehok.id – Karena mengalami masalah kesehatan yang serius dan tidak memungkinkan untuk melakukan wukuf sendiri, sebanyak 119 jamaah haji asal Indonesia menjalani safari wukuf.

Safari wukuf dilakukan karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk wukuf mandiri.

Jamaah yang disafariwukufkan tersebut memang kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk wukuf atau lempar jumrah secara mandiri.

Jumlah jamaah yang akan disafariwukufkan tersebut sifatnya masih dinamis. Sehari sebelum wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah atau 8 Juli 2022 akan ditentukan jamaah yang akan disafariwukufkan.

Baca juga : Arab Saudi Deportasi 46 Jamaah Haji Furoda

“Alhamdulillah banyak pasien yang kembali sehat dan sudah kembali ke kloter masing-masing,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana di Mekkah.

Sebelumnya, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja (daker) Mekkah mendata sebanyak 204 jamaah calon haji yang akan menjalani safari wukuf.

“Mungkin semangatnya mulai timbul lagi apalagi mendekati Arafah,” tambah Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, musim haji tahun ini KKHI Mekkah melakukan skrining ulang seluruh jamaah risiko tinggi (risti) dengan layanan kesehatan spesialis.

Hal ini dilakukan agar angka kesakitan jamaah bisa terkendali. Dari skrining tersebut dapat diketahui mana jamaah yang mampu wukuf mandiri dan mana yang perlu safari wukuf.

Baca juga : Tabrakan Mio vs Genio di Kota Jambi, 1 Orang Meninggal

Saat ini memasuki masa kritis haji dan puncaknya pada saat di Arafah, Muzdaalifah dan Mina (Armuzna) maka skrining ulang harus selesai sebelum 9 Dzulhijjah.
Budi mengatakan saat ini mayoritas jamaah risti memiliki penyakit komorbid hipertensi dan terkait penyakit cardiovascular.

Menjelang Armuzna, Budi kembali mengingatkan agar jamaah menghindari kelelahan berlebihan dan beristirahat tiga hari sebelum wukuf agar kesehatan pulih.

Jamaah juga diingatkan untuk minum jangan tunggu haus agar tidak dehidrasi. (red)

Sumber : suara.com

Komentar