oleh

5 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Thehok.id – Kopi biasanya adalah minuman yang paling dicari saat kantuk menyerang. Ternyata, selain bermanfaat untuk menghilangkan kantuk, kopi juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan.

Hal ini karena didalam kopi terdapat beragam kandungan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, seperti, kalium, natrium, folat, dan magnesium. Selain dapat menghilangkan rasa kantuk, kopi juga dapat menjaga tubuh dari berbagai macam kondisi seperti gangguan jantung dan bahkan alzheimer.

Inilah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minuman kopi. Yuk, simak penjelasannya.

1. Menjaga jantung agar tetap sehat

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kopi ternyata dapat menjaga kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi satu sampai dua gelas kopi dalam sehari dapat mencegah kondisi gagal jantung.

Gagal jantung adalah kondisi ketika kekuatan jantung mulai melemah dan tidak lagi mampu memompa darah sebagaimana mestinya. Akibatnya darah tidak dapat didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh.

2. Memperbaiki DNA yang rusak

Kopi dengan jenis dark roast dikatakan terbukti mengurangi patahnya rantai DNA. Dalam tubuh kita, rantai DNA dapat terjadi kerusakan dan itu adalah hal yang alami. Jika terjadi kerusakan, maka tubuh akan secara otomatis akan melakukan perbaikan sehingga DNA dapat tersambung dan kembali seperti semula.

Namun jika rantai DNA ini terus menerus mengalami kerusakan dan tubuh sudah tidak bisa lagi melakukan perbaikan alami, maka hal ini akan memicu pertumbuhan sel-sel abnormal yang disebut dengan sel kanker dan akan berlanjut dengan pembentukan kanker dan tumor.

3. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Dalam biji kopi terkandung senyawa polifenol yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Rutin mengonsumsi kopi dapat membantu tubuh dalam menanggulangi peradangan sehingga tidak memicu penyakit yang serius seperti diabetes, obesitas, dan sindrom metabolik.

4. Menjaga kesehatan otak

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi dapat mencegah demensia atau kepikunan. Selain itu kopi juga dapat mencegah penurunan fungsi kognitif yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir. Kandungan kafein dalam kopi dapat memperbaiki ingatan dan meningkatkan kewaspadaan.

Karena efeknya ini dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi enam jam sebelum tidur, karena kalau tidak kamu akan mengalami kesulitan saat akan tidur dan malah berujung insomnia.

5. Memicu perasaan bahagia

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kopi dapat mendatangkan perasaan bahagia atau membuat seseorang merasa good mood. Sehingga seseorang yang mengonsumsi minuman pahit ini akan terhindar dari emosi negatif yang dapat membuatnya sedih dan tidak bahagia.

Sebuah studi dari Harvard, Amerika Serikat, yang melibatkan 50.000 perempuan sebagai peserta untuk membuktikan apakah benar kopi dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Dari hasil studi tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat mengurangi dan menghilangkan perasaan depresi dari diri seseorang.

Setelah membaca di atas kini kamu sudah mengetahui manfaat dari mengonsumsi kopi. Namun kamu juga perlu membatasi jumlah kopi yang diminum tiap harinya. Kamu hanya boleh mengonsumsi minuman ini sebanyak 3-5 cangkir kopi atau setara dengan 400 mg kafein. Juga jangan mengonsumsinya saat hendak tidur malam ya. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed