oleh

Terapkan Hal Ini Agar Membuatmu Semakin Dewasa

Thehok.id – Usia tua belum tentu menandakan anda dewasa. Banyak orang yang sudak tua tapi tingkah laku masih kekanak-kanakan. Ini beberapa hal yang harus kamu lakukan agar makin dewasa.

Apa saja hal yang perlu diterapkan supaya kamu makin dewasa?

1. Kurang-kurangi dan usahakan sampai berhenti perilaku merugikan orang lain

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar bisa semakin dewasa, adalah mengurangi sampai bisa berhenti sepenuhnya dari perilaku merugikan orang lain. Kalau selama ini kamu sering meminjam barang tidak segera dikembalikan, bahkan sampai barang orang tersebut rusak, mulai sekarang langsung kembalikan jika sudah dipakai. Jika memang barang tersebut sering kamu gunakan, niatkan untuk beli, jangan terus-terusan pinjam, ya

Begitu pula jika selama ini kamu sering berucap kasar, mulai sekarang coba dikurangi dan ganti dengan berkata-kata lebih ramah. Jika konsisten dilakukan, perilaku burukmu itu pasti bakal hilang, dan itu menandakan kamu telah dewasa karena telah berhasil menaklukkan kebiasaan gak baik.

2. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri

Sering menyalahkan orang lain? Mulai sekarang dikurangi sampai bisa benar-benar dihilangkan, ya. Sikap sering menyalahkan orang lain termasuk ciri belum dewasa, lho.

Kebalikannya, adalah kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Itu artinya, kalau memang kamu salah atas perbuatan yang sudah dilakukan, ya, akui. Jangan malah tunjuk sana-sini.

3. Berhenti berbohong

Sering berbohong, baik itu kepada orang lain maupun diri sendiri? Mulai sekarang kebiasaan buruk ini juga perlu diperbaiki, ya. Cobalah untuk berkata jujur meski terkadang jauh lebih dari berbohong.

4. Hilangkan sifat egois

Sering ingin menang sendiri dan memaksakan pendapat pribadi? Hal tadi termasuk contoh perilaku egois, lho. Orang yang dewasa tahu kapan harus berkompromi dan kapan harus keras kepala. Dengan bersikap egois menunjukkan kalau kamu masih kekanak-kanakan, dan itu gak disukai banyak orang.

Coba terapkan hal-hal tadi, ya, jika ingin berubah menjadi orang dewasa dan berkepribadian matang. Memang tidak mudah, tapi jika diusahakan pasti bisa. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed